Semakin hari semakin banyak saja smartphone baru bermunculan, bahkan dengan kelebihan mereka masing-masing. Apalagi saat ini produsen gadget terbesar di dunia Apple dan Samsung terus bersaing untuk meluncurkan produk unggulan mereka. Seperti halnya ketika Apple mengeluarkan iPhone 6, Samsung juga tidak ingin kalah dengan meluncurkan Samsung Galaxy S6 Edge. Masing-masing mengklaim memiliki kelebihan a, b, c, d, hingga z. Tapi disini kami tidak akan membahas hal tersebut. Kali ini kami akan membahas tentang hal-hal ekstrim yang dilakukan pada smartphone dari kedua vendor tersebut, dan melihat apa yang terjadi pada smartphone yang dibekali dengan teknologi canggih itu.

Eksperimen ini dilakukan oleh Techrax yang sudah sering melakukan berbagai eksperimen ekstrim pada ponsel-ponsel terkenal di dunia, terutama iPhone dan Samsung. Inilah 5 eksperimen paling ekstrim dan konyol yang dilakukan oleh Techrax, check this one out.

1. iPhone 6 Dipanggang Dalam Oven
Didalam video ini Techrax mencoba untuk mengecek katahanan iPhone 6 terhadap suhu panas dengan mencoba memanggangnya didalam oven bersama sebuah ayam kalkun. Tidak tanggung-tanggung suhu yang digunakan adalah 325 derajat celcius, dan dia memanggangnya dalam waktu 4 jam!

Lalu apa yang terjadi? Setelah iPhone 6 dikeluarkan dari oven, ia masih dapat merespon dengan memberikan peringatan untuk menurunkan suhu ponsel terlebih dahulu sebelum dipakai. Dan setelah ‘mencucinya’ dengan air mengalir, iPhone 6 bisa berjalan dengan baik hanya dalam beberapa detik saja sebelum muncul black screen dan mati.

2. Merendam iPhone 6 dalam Hot Ice (Sodium Acetate)
Fyi, sodium acetate adalah semacam bahan kimia yang dilihat seperti es, tapi jika dipegang terasa panas. Ia berbentuk cair namun jika disentuh akan berubah seketika menjadi sebuah padatan seperti es batu. Dan pada video ini iPhone 6 di rendam pada hot ice beku dengan keadaan menyala dalam waktu 10 menit. Mengagumkan, iPhone 6 masih bisa beroperasi dengan sangat baik setelahnya.

3. Membakar Samsung Galaxy S5
Tanpa ragu dan tanpa berlama-lama setelah melakukan beberapa pengecekan, Galaxy S5 mulai disiram dengan bensin dan langsung dibakar. Bisa dilihat sendiri bagian belakang ponsel benar-benar meleleh layaknya plastik dibakar. Setelah dibiarkan selama 24 jam dan dicoba untuk menghidupkannya kembali, dengan melakukan pelepasan dan pemasangan kembali baterai selama berkali-kali, menghubungkannya ke komputer, dan akhirnya Galaxy S5 tersebut bisa menyala kembali dengan keadaan layar terbakar sebagian. Ajaibnya, layar tersebut masih dapat berjalan dengan responsif, begitu juga dengan kameranya masih dapat dioperasikan.

4. Merebus iPhone 6 Dalam Coca-Cola
Kami rasa ini adalah hal yang paling konyol. Bagaimana tidak, mendengar orang mendidihkan coca-cola pun tak pernah. Ini bahkan mendidihkannya dengan memasukan iPhone 6!

Seperti biasa sebelum melakukan eksperimennya, TechRax mengecek ponselnya terlebih dahulu dan setelah coca-cola mendidih iPhone 6 langsung dimasukan kedalamnya. Setelah beberapa detik layar langsung memunculkan peringatan ‘Temperature’ yang memberitahukan bahwa suhu terlalu tinggi untuk ponsel dapat bekerja. Apa yang terjadi setelah itu? Setelah beberapa menit mendidihkannya, coca-cola berubah menjadi hitam dan mengental. Dan hasilnya iPhone 6 seperti sebuah kue yang dilapisi coklat. TechRax mencoba membolak-baliknya beberapa kali untuk melihat keadaannya. Mengejutkan, secara tiba-tiba iPhone mengeluarkan asap yang cukup banyak. Dan sudah pasti iPhone 6 ini tidak berfungsi lagi sama sekali.

5. Tes Panggang iPhone 5
Jika pada percobaan memanggang iPhone 6 selama 4 jam menghasilkan iPhone 6 rusak. Apa yang akan terjadi jika iPhone 5 dipanggang dalam sebuah pemanggang roti? Let’s see.

As always, TechRax melakukan tes dengan keadaan ponsel menyala. Layaknya sebuah roti, iPhone 5 dimasukan kedalam pemanggang dengan suhu panas medium. Setelah beberapa menit dan ‘diangkat’, iPhone 5 langsung dimasukan kedalam freezer dan didiamkan selama 30 detik. Hasilnya? iPhone 5 masih dapat berjalan dengan baik.

Video yang diposting oleh TachRax sudah banyak ditonton oleh jutaan orang. Banyak sekali yang terkagum-kagum, dan tidak sedikit pula yang mem-bash karena menganggap eksperimennya terbilang kurang kerjaan. Dan cukup banyak juga yang menyangka kalau ponsel yang digunkannya adalah ponsel cina alias ‘kw’. Tapi dalam eksperimen Hot Ice Freeze, TachRax mengatakan bahwa ponsel yang digunakan dalam setiap eksperimennya adalah benar-benar asli. Hmmm bener ga ya? Anyway, don’t try this at home guys.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY