Android One. Pastinya Sobat Dukom sudah gak asing kan mendengar istilah Android One? Apa lagi kini ketika sedang menonton TV sudah sering ada iklan tentang smartphone Android One. Tapi apakah Sobat Dukom tahu sebenarnya apa itu Android One? Apakah ia merupakan sebuah sistem operasi terbaru setelah Android Lollipop? Ternyata bukan. Android One adalah sebuah program dari Google untuk menciptakan sebuah smartphone ‘high-quality’ namun dengan harga yang terjangkau dengan cara menggandeng beberapa vendor ponsel. Menurut Google, Android One bertujuan agar miliaran orang di dunia yang masih menggunakan basic phone dapat membeli smartphone dengan harga terjangkau, dengan fokus pasar pada negara-negara berkembang seperti India, Indonesia, Nepal, Bangladesh, Filipina, Sri Langka, dan lain-lain.

Android-One-800x420

 Foto: androidcommunity.com

Untuk menggarap smartphone Android One, Google menggandeng beberapa vendor lokal pada setiap negara yang ditunjuk dan memberikan standar rancangan hardware yang dibutuhkan tanpa ada modifikasi dari vendor. Kenapa Google menciptakan rancangan standar tersebut? Itu karena selama ini Android yang kebanyakan kita pakai seperti pada Samsung, LG, atau HTC merupakan Android yang telah dimodifikasi oleh vendor tersebut. Mereka mengurangi maupun menambahkan beberapa fitur. Untuk smartphone kelas atas modifikasi tersebut memang bekerja sangat baik. Namun pada smartphone kelas bawah, yang tidak dibekali dengan hardware powerful, kinerja dari smartphone tidak berjalan begitu baik.

Pada Android One, Google lah yang akan menentukan hardware dan software yang dipakai. Yang lebih penting lagi, Google juga akan bertanggung jawab dalam meng-update software pada smartphone Android One. Itu berarti Anda akan mendapatkkan versi terbaru dari Android tanpa delay seperti ponsel Android kelas bawah pada umumnya. Lalu apa saja yang menjadi standar dari sebuah smartphone Android One? Mereka adalah layar 4.5 inci, prosesor MediaTek dengan Quad Core 1.3 GHz, RAM 1GB, memori internal 4GB, dual kamera dengan resolusi 5MP pada kamera utama dan 2MP pada kamera depan, serta sistem operasi terbaru Android 5.1 Lillipop yang tentunya memiliki kelebihan-kelebihan terbaru. Dengan standarisasi tersebut, diharapkan smartphone Android One dengan harga terjangkau tersebut dapat bekerja setara dengan smartphone high class, sehingga orang-orang kini dapat menggunakan smartphone dan selalu terhubung ke internet.

edit devices-id

Foto: android.com

Setelah meluncurkan smartphone Android One pertama kali di India dengan produk Micromx, Spice, dan Karbon pada bulan September 2014 lalu, pada awal 2015 Android One diluncurkan di Indonesia dengan produk Evercoss One X, Mito Impact, dan Nexian Journey1 dengan bandrol harga satu jutaan. Untuk bisa mendapatkan kelebihan seperti upgrade gratis versi terbaru Android tanpa menggunakan data internet, serta download gratis dari Google Play Store (tanpa menggunakan data) sampai 200MB per bulan, Google mensyaratkan penggunaan SIM Card Telkomsel. Jadi, apakah Sobat Dukom tertarik untuk memiliki Android One?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY