Seiring perkembangan gadget yang kian marak, harga relatif semakin  terjangkau, perangkat aksesoris earphone pun semakin beragam. Biasanya paket  penjualan gadget yang disertakan earphone, hanya berkualitas standar.

Oleh karena itu, jika anda menginginkan memperbaiki kualitas bawaan earphone tersebut. Dengan membeli earphone yang baru merupakan keputusan yang tepat. Apalagi jika anda penggemar musik, tentunya menjadi perhatian yang penting untuk memilih earphone yang berkualitas.

Jenis Earphone

Berdasarkan bentuknya earphone terbagi menjadi 2:

Earbud

earphoneEarphone ini memiliki bentuk yang standar. Biasanya dipaketkan dalam penjualan seperti handphone maupun tablet.

IEM (in-ear monitor)

earphoneJenis earphone ini ukurannya dapat masuk ke dalam telinga, dilapisi karet untuk memberikan kenyamanan telinga dan mengurangi gangguan suara lain atau noise di luar. Sehingga, isolation soundnya sangat baik.

Sebelum Membeli Earphone

earphone

Budget dan Merek

Umumnya semakin mahal earphone semakin baik pula kualitasnya, seperti merek Philips, Beats Audio, dan Sennheiser pastinya produk tersebut terkenal dengan kualitas tinggi.

Lupakan Produk KW

Mungkin mereka mengemas produk dengan caing yang bagus, tapi mereka tidak dapat meniru driver dan speaker dengan bahan serta kualitas yang percis sama. Harga tidak akan pernah berbohong. kerugian membeli barang KW, tidak akan mendapatkan garansi dan dapat merugikan telinga anda.

Tips Memilih Spesifikasi Earphone

earphone

Respon Frekuensi

Earphone yang bagus memiliki respon frekuensi yang besar, semakin lebar rentang frekuensinya semakin berkualitas. Contoh frekuensi 4 Hz – 30,000 Hz. Angka yang kecil 4 hz merupakan suara bass, sedangkan angka (30,000 Hz) adalah suara treble. Jika frekuensi ujungnya semakin tinggi, semakin lengkap pula kualitas audionya.

Impedence

Impedence menunjukan resitensi atau hambatan yang terdapat dalam earphone. Tinggi rendahnya impedence dapat disesuaikan dengan selera kita. Impedence rendah berkisar antara 15 ohms sampai 150 ohms. Sedangkan impedence tinggi memiliki ukuran yang lebih dari 150 ohms.

Sensivity

Sensivity sound pressure umumnya menggunakan satuan desibel. Contoh:96 dB/mW  Semakin tinggi angkanya semakin keras suaranya, sehingga tidak perlu meperbesar volume perangkat player kita. Selain itu, dengan semakin tinggi angkanya, semakin sedikit pula daya yang dibutuhkan.

Kabel

Misalnya panjang kabel earphone 1.1 m. Single side bearti kabel tersebut keluar dari satu sisi, single side lebih ringkas dan praktis. Earphone yang bagus dengan suara berkualitas umumnya menggunakan double-side.

Tips Sesudah Membeli

earphone

Ketika sesudah membeli earphone direkomendasikan melakukan burn-in agar kondisi earphone lebih optimal. Burn-in merupakan tahap proses memaksimalkan kemampuan driver. Earphone yang baru dibeli biasanya karetnya masih menempel kuat. Dalam proses Burn-in nantinya magnet dan membrannya yang tadinya kaku menjadi lentur. Dengan melakukan proses burn ini dapat menghasilkan komposisi suara yang optimal.

Adapun cara melakukan burn-in, cukup memutar lagu 20 jam lebih dengan volume tidak terlalu tinggi, bisa didengarkan maupun ditingglakan. Saat proses burn in berlangsung  kualitas suara akan berubah-rubah. Proses burn-in dianggap selesai jika tidak ada perubahan kualitas suara.

SHARE
Previous articleReview dan Unboxing Lenovo Vibe X S960
Next articleReview dan Unboxing Huawei Ascend P7 Arsenal Edition
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY