Saat ini sudah banyak sekali kamera DSLR yang bermunculan, mulai dari harga kisaran 1 jutaan hingga puluhan juta. Puluhan juta? Ya, bahkan sebuah DSLR dapat dibandrol lebih dari 60 juta! Meski kadang kita melihat bentuk kamera DSLR cuma gitu-gitu aja dan ukurannya pun paling cuma berbeda sedikit. Lalu kenapa bisa sebuah DSLR dibandrol dengan harga selangit? Mari kita lihat salah satu produk DSLR tersebut, yaitu Canon EOS-1D X yang akan kami bahas sekarang.

Canon EOS-1D X merupakan salah satu produk unggulan dari Canon yang memiliki harga dipasaran sekitar 70 jutaan, meski ada yang memberi bandrol harga lebih dari 80 juta. Apa yang spesial dari kamera ini hingga ia dibandrol harga tinggi? Tentu saja harga tidak akan pernah bohong. Sesuai dengan harga dan fungsinya, kamera ini dirancang untuk kalangan fotografer professional. Canon EOS-1D X merupakan sebuah DSLR full-frame dengan efektif piksel 18.1MP yang mampu menghasilkan sebuah kualitas gambar sangat baik. Kamera ini mampu memperoleh video pada resolusi HD (1920 × 1080 piksel) dengan frame rate 24, 25 dan 30 fps atau 720p (1280 × 720) pada 50 atau 60 fps, dan SDTV (640 × 480) pada 25 atau 30 fps.

Tidak tanggung-tanggung, Canon EOS-1D X menggunakan dua prosesor sekaligus! Konon, dengan dua prosesor gambar DIGIC 5+ dan DIGIC 4 yang dimilikinya, Canon EOS-1D X mampu mengelola gambar 17 kali lebih cepat dengan pengurangan noise yang lebih besar dibanding dengan menggunakan DIGIC 4 saja, sehingga hasil gambarnya pun akan begitu jernih, tajam, dan cerah. Selain itu, kamera ini memiliki berbagai pengaturan ISO dari 50 sampai 204.800 yang dapat dipilih secara otomatis atau disesuaikan secara manual. Itu artinya, fotografer dapat mengambil gambar dalam keadaan yang sangat gelap sekalipun, dimana kamera DSLR lain tidak mampu.

Sebagai kamera yang ditujukan untuk fotografer profesional, Canon EOS-1D X memiliki pengaturan yang cukup rumit. Seperti halnya untuk pengaturan autofocus (AF), kamera ini memiliki banyak jenis kostumisasi dengan pilihan spesifik untuk jenis-jenis olahraga tertentu. Misalnya AF untuk membidik olahraga lari, sepak bola, tenis, balap sepeda, dan senam. Dengan AF HD 61 titik/point, kamera ini menjamin hasil gambar yang cepat dan akurat berkat sensor Offset Array.

sampe Canon EOS-1D X

Foto: web.canon.jp

Dari segi desain, Canon EOS-1D X bisa diibaratkan ia adalah sebuah tank. Bentuknya lebih besar dari kamera DSLR lain dengan kontur yang kokoh dan kekar. Karena ia hadir lengkap dengan hand grip, maka kamera ini sangat nyaman digenggam dan tidak mudah lepas. Pada bagian belakang kamera, Canon EOS-1D X ini memiliki cukup banyak tombol fungsi. Ia juga menanamkan layar LCD TFT 3.2 inci yang memiliki 1.040.000 titik, konstruksi anti reflektif, dan teknologi Canon Clear View II untuk tampilan yang terang dan tajam dalam berbagai situasi pengambilan gambar. Kelebihan lain dari kamera ini adalah ia memiliki dua lubang kartu memori compact flash dan dua tempat baterai yang cukup besar. Tentu saja hal tersebut membuat fotografer dapat mengambil gambar, bahkan seribu gambar, dalam satu kali charge.

Tertarik memiliki Canon EOS-1D X? Just grab it fast only in Butik Dukomsel.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY