Ketika Anda akan membeli smartphone, ketahanan daya baterai adalah salah satu hal yang patut diperhatikan. Mengingat daya tahan baterai  yang baik akan berpengaruh pada performa aktivitas kita sehari-hari. Meskipun terdapat smartphone sudah dibekali kapasitas baterai yang besar untuk digunakan dalam jangka waktu keseharian. Tapi, tetap saja ada faktor-faktor yang dapat menghabiskan daya baterai begitu cepat. Berikut, sejumlah tips menghemat baterai smartphone kamu mampu bertahan lebih lama:

hemat baterai

Jika Berada Di Lokasi Hotspot Gantilah Koneksi dengan Wi-fi

Salah satu hal yang menyebabkan daya tahan baterai cepat terkuras, yakni koneksi jaringan. Hal tesebut terjadi lantaran koneksi jaringan kurang stabil, berakibat perpindahan koneksi dari 3G ke 2G   ataupun sebaliknya. Sehingga, membuat  baterai smartphone lebih cepat boros. Solusi untuk  memperkecil masalah ini adalah menggunakan jaringan Wi-Fi yang berada di lokasi.

Matikan  GPS , Wi-Fi, dan Bluetooth

Kadang kala kita lupa menonaktifkan fitur smartphone Bluetooth, Wi-Fi dan GPS  saat tidak diperlukan. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus aktif ketika  tidak digunakan, akan menguras daya  tahan baterai. Oleh karena itu, lebih baik  mematikan fitur Bluetooth, Wi-Fi dan GPS bila tidak digunakan.

Aturlah Kecerahan Layar Smartphone

Pengaturan  kecerahan pada layar smartphone menentukan tingkat kenyamanan dalam melihat tampilan di layar. Makin tinggi tingkat kecerahan layar, makin tinggi pula daya baterai yang terkuras. Tingkat kecerahan berpengaruh pada besarnya daya baterai yang digunakan. Oleh karena itu, sesuaikanlah tingkat kecerahan  dengan kondisi yang terjadi. Sebaiknya tidak menggunakan pengaturan kecerahan secara otomatis,  menyebabkan sensor cahaya yang dapat memperboros baterai.

Gunakanlah Wallpaper Statis dan Kurangi  Penggunaan Widget

Memasang  gambar wallpaper animasi pada smartphone akan tampak cukup menarik. Akan tetapi, pemasangan animasi dapat meningkatkan penggunaan prosesor hingga berakibat daya baterai semakin cepat terkuras. Begitu pula saat menggunakan widget dibutuhkan update data dari internet akan menyebabkan daya baterai  ikut cepat terkuras. Oleh karena itu, kita dapat mencoba menggunakan wallpaper statis  yang menarik dan mengurangi pemasangan widget.

Hapuslah  Aplikasi yang Menyedot Baterai

Salah satu penyebab baterai ponsel cepat terkuras adalah aplikasi yang banyak diinstall pada  smartphone. Berdasarkan penelitian lembaga survei, aplikasi jejaring sosial dan game merupakan penyebab utama yang menguras daya baterai. Oleh karena itu, disaranakan  menghapus aplikasi-aplikasi yang menguras baterai,  lalu mematikan fungsi notifikasi, kemudian melakukan pembatasan  interval auto refresh pada aplikasi yang berjalan di belakang.

Gunakanlah  Fitur Penghemat Baterai

Biasanya fitur penghemat baterai sudah terfasilitasi di berbagai jenis smartphone. Melalui fitur tersebut,  kita dapat mengatur aplikasi yang dapat berjalan  agar hemat dalam menggunakan daya baterai. Misalnya fitur hemat baterai pada  smartphone Oppo dengan dibekali mode super power saving. Mode itu hanya akan menampilkan menu kontak, telepon, sms, serta jam pada smartphone, sehingga akan lebih hemat daya.

 

 

SHARE
Previous articleInilah Kelebihan Microsoft Lumia 535
Next articleDaftar Aplikasi Edit Foto di iPad
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY