Memiliki Smartphone yang cepat dan tidak lemot pasti menjadi sebuah impian kita semua, khususnya untuk para pengguna smartphone Android. Smartphone berbasis Android biasanya memiliki banyak sekali aplikasi bawaan, masalahnya terkadang aplikasi tersebut memakan habis memori yang cukup besar. Tetapi kebanyakan aplikasi bawaan Android tidak begitu dibutuhkan penggunanya, sehingga banyak para pengguna Android berniat untuk menghapus aplikasi tersebut. Namun untuk menghapus aplikasi bawaan Android secara langsung tidak diijinkan karena perangkat Android sudah diproteksi.

dalem

Dengan adanya aplikasi bawaan tersebut, Android bermaksud memudahkan para penggunanya tinggal memakai aplikasi tanpa harus menginstal aplikasi yang lain. Namun jika pengguna ponsel Android akan menginstal aplikasi lain tentu saja dapat menyebabkan memori semakin penuh dan menjadikan aplikasi Android lemot/melambat. Salah satu cara meminimalisir agar aplikasi tidak banyak memakan memori adalah dengan menghapus aplikas-aplikasi bawaan yang tidak terpakai.

Sayangnya, menghapus aplikasi bawaan Android tidak semudah menghapus aplikasi biasa. Ini tergantung pada smartphone Android anda, apakah sudah di root atau belum?.

Untuk yang Belum di Root

Tidak mungkin hukumnya untuk menghapus aplikasi bawaan Android dalam keadaan ponsel tidak di root, tetapi anda dapat menonaktifkan aplikasi tersebut.

Untuk Android sebelum KitKat, anda bisa membuka app drawer, lalu pilih menu Hide application.

Untuk perangkat KitkKat, masuk ke Setting> Device> Apps dan cari aplikasi yang ingin Anda hapus. Pilih Force Stop kemudian Disable. Sekali lagi, ini tidak akan menghapus aplikasi bawaan Android, tetapi hanya berhenti bekerja pada ponsel Anda, dia tidak akan pernah terlihat lagi sampai Anda factory reset.

Untuk yang Sudah di Root

Sangat mudah menghapus aplikasi bawaan Android bila ponsel anda sudah di root, berikut ini beberapa aplikasinya.

NoBloat Free

Aplikasi NoBloat Free sangat bagus untuk menghapus aplikasi bawaan Android dan bloatware serta membuat backupnya. Aplikasi ini pun dapat merecovery bila anda salah menghapus.

NoBloat Free

System App Remover

Dengan aplikasi ini sangat mudah untuk menghapus aplikasi bawaan Android dan juga memiliki fitur untuk memindahkan aplikasi ke SD Card, fitur ini benar-benar berguna.

Walau terdapat iklan pada aplikasi ini, System App Remover adalah aplikasi yang paling cepat bila di bandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya untuk menghapus aplikasi bawaan Android.

System App Remover

Titanium Backup

Boleh dibilang aplikasi pertama yang mungkin terpikirkan Anda untuk menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak diinginkan adalah Titanium Backup. Aplikasi ini dapat mengatasi aplikasi yang ingin Anda campakkan baik dari Google Play atau bawaan.

Titanium backup

Link2sd

Dan yang terakhir adalah Link2sd aplikasi ini sudah sangat familiar digunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Android, banyak dari Sobat Dukom pasti sering mendengar aplikasi ini.

Link2SD

Untuk menghapus aplikasi bawaan Android, Anda harus lebih berhati-hati karena mungkin saja ada aplikasi yang sangat berguna untuk system android karena itu akan menyebabkan Android anda mati Atau bootloop. Demikianlah cara menghapus aplikasi bawaan pabrik android yang telah kami jelaskan semoga dapat membantu Sobat Dukom untuk menghapus aplikasi yang tidak di inginkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY