Di era sekarang ini, telepon pintar ataupun smartphone sudah merupakan kebutuhan wajib setiap orang. Aplikasi smartphone pun semakin hari semakin beragam, mulai dari hiburan, sosial media, sampai hal hal yang menunjang pekerjaan. Nah dengan banyaknya aplikasi yang banyak terpasang di smartphone, tanpa kita sadari hal tersebut berdampak pada kinerja smartphone. Dan terkadang aplikasi yang terpasang di smartphone bawaan tidak kita butuhkan sama sekali.

Aplikasi yang sebenarnya tidak perlu kamu install tersebut, tak hanya mengambil ruang penyimpanan. Tapi juga mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai smartphone kamu. Lebih baik kamu bersihkan sekarang juga, berikut aplikasi yang harus kamu uninstall segera.

 

1.Facebook

Tidak dapat dipungkiri, aplikasi Facebook menawarkan berbagi fitur yang sangat lengkap. Memungkinkan kamu untuk tetap terhubung dengan teman-teman ataupun kenalan setiap saat. Kamu tidak akan melewatkanmoment penting, semua aktivitas akan diberitahukan oleh Facebook. Kecanggihan aplikasi Facebook ini, sayangnya ada pengorbanannya. Tidak hanya memakan banyak ruang penyimpanan internal, tetapi mengkonsumsi baterai yang tidak sedikit. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan aplikasi Facebook Lite saja. Meskipun fitur dan tampilannya sangat basic, namun kamu masih bisa mengakses konten Facebook dengan nyaman.

2.Clean Master

Aplikasi Clean Master dan aplikasi sejenisnya ini memang akan membersihkan ponsel kamu dari data cache atau data sampah yang menumpuk untuk meningkatkan kinerja smartphone. Namun kamu sebenarnya tidak membutuhkan aplikasi Clean Master, karena OS Android itu sendiri sudah menyediakan. Kamu tinggal bukaPengaturan > Storage > Clear Cache.

Kamu juga bisa menghapus cache aplikasi individual, buka Pengaturan > Aplikasi > Download. Kamu bisa lihat aplikasi mana saja yang memakan banyak data, pilih salah satu aplikasi dan tekan Clear Cache. Aplikasi Clean Master dan aplikasi serupa ini sering memakan banyak daya baterai, belum lagi adanya iklan yang dalam aplikasi mereka. Sangat berpotensi menghabiskan data kuota internet kamu yang terbatas.

3.Antivirus

Bisa dikatakan sistem operasi besutan Google ini punya sistem yang cukup aman. Sejatinya kamu tidak benar-benar membutuhkan aplikasi antivirus. Untuk melindungi smartphone kamu dari pencurian sudah cukup Android Device Manager, tak perlu tambahan aplikasi lain. Google Play Store punya sistem canggih untuk mendeteksi malware, jadi bisa dipastikan aplikasi yang kamu download di Play Store aman.

Kecuali kamu masih sering download dan install aplikasi APK di luar Play Store, mungkin aplikasi antivirus akan berguna. Namun jika kamu sepenuhnya download aplikasi melalui Play Store, kamu tidak membutuhkan aplikasi antivirus.

 

4.Aplikasi Penghemat baterai

Di Google Play Store terdapat banyak sekali aplikasi penghemat baterai. Perlu gak sih? Sekali lagi, OS Android sudah punya fitur penghemat baterai bawaan. Jadi jelaskan, kamu tidak memerlukan aplikasi penghemat baterai pihak ketiga.

Cukup aktifkan saja fitur penghemat baterai atau battery saver di pengaturan. Kamu bisa lihat aplikasi mana yang punya konsumsi daya tinggi, jika memang tidak dibutuhkan hapus saja. Semakin sedikit aplikasi yang punya fungsi ganda, semakin lebih baik untuk kinerja dan performa daya tahan baterai.

 

5.Browser Bawaan

Beberapa vendor pembuat smartphone Android, biasanya melengkapi browser bawaan. Ada yang bagus, dengan fitur-fitur lebih lengkap. Ada pula yang seadanya. Coba kamu gunakan, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kamu? Jika pada akhirnya kamu tidak gunakan, non-aktifkan saja.

Kamu bisa gunakan browser yang lebih powerful, seperti Chrome, Firefox, atau Opera Mini. Cara menonaktifkan browser bawaan buka Pengaturan > Aplikasi > pilih browser bawaan, lalu non-aktifkan.

 

 

SHARE
Previous articlePerbandingan Printer Canon & Epson, Mana Yang Lebih Baik?
Next articleAcer Predator 17, Laptop Gamer Sejati
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY