Umumnya barang elektronik memiliki jangka waktu bisa bertahan di atas 3 tahun. Namun, perlu perawatan khusus agar printer tetap awet. Salah satu barang elektronik yang butuh perawatan, yaitu printer. Dengan adanya printer dapat digunakan untuk keperluan mencetak gambar, foto, maupun tulisan.
merawat printer
Tidak sedikit pengguna mengeluhkan printer mengalami kerusakan dan mahalnya biaya perbaikan. Yang banyak dikeluhkan pengguna biasanya hasil cetakan kurang jelas, mesin printer tidak mau bekerja semestinya, dan lain sebagainya. Sebenarnya, ada berbagai cara merawat printer yang dapat dilakukan dengan cara sederhana, agar printer menjadi lebih awet dan berfungsi dengan baik. Silakan, simak ulasannya di bawah ini:

Gunakan Sesering Mungkin

Jika printer jarang digunakan menyebabkan tinta kering dan tidak mau mengalir dengan lancar, dapat berakibat kebuntuan pada nozzle. Diameter nozzle itu sangat kecil. Oleh karena itu, pastikan menggunakan printer secara teratur, tinta yang mengalir dapat menjaga dan membasahi nozzle. Jika Nozzle dibiarkan kering, mengakibatkan kerusakan pada head catridge.

Matikan Printer Sesuai Prosedur

Bukan hanya laptop ataupun komputer perlu dimatikan secara benar atau sesuai prosedur, printer pun memerlukan peawatan yang sama. Jika printer habis digunakan, sebaiknya printer dimatikan secara yang benar. Sehingga printer akan melakukan pembersihan secara otomatis di permukaan head, head catridge akan bersih dan selalu terjaga. Hindari mematikan printer dengan langsung mencabut power.

Hindari Menggunakan Kertas yang kotor dan berdebu

Mengabaikan tips ini dapat mengakibatkan roll penarik kertas menjadi rusak. Sebab, jika menggunakan kertas kotor dan berdebu, roll pencetak kertas akan ikut terkotori juga. Bila hal ini terus dibiarkan menyebabkan roll menjadi aus dan tidak dapat digunakan untuk menarik kertas.

Menjaga Kebersihan Printer

Sehabis printer digunakan jangan dibiarkan cover penutup printer terbuka. Pada jenis printer tertentu ada yang sensitif terhadap debu, sehingga cepat mengalami kerusakan, membuat printer tidak mau berfungsi semestinya. Tutup printer dengan pelindung (cover) atau pelastik supaya debu dan kotoran tidak masuk dan menempel di printer. Cara yang satu ini merupakan yang sederhana untuk menjaga printer agar tetap awet.

Gunakan Tinta Berkualitas

Sebaiknya gunakan tinta yang memiliki brand, sudah terbukti dengan kualitasnya. Jika perlu gunakanlah tinta printer yang semerek dengan printer pengguna. Meskipun harganya lebih mahal, hal ini justru membuat hasil kualitas cetakan lebih baik.

SHARE
Previous articlePilih Processor AMD atau Intel ?
Next articleReview iPhone 5, Kini Turun Harga
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY