Saat ini ponsel dengan perangkat yang berbasis sistem operasi Android memang memiliki keunggulan tersendiri ketimbang OS lainnya, seperti iOS atau Windows phone. Salah satu keunggulan yang dimiliki Android adalah banyaknya aplikasi gratis bertebaran di Google Play Store. Dengan popularitas Android saat ini, kami yakin Sobat Dukom sering mendengar nama “Root” pada Android. Meski root pada Android ini sudah sangat familiar, tapi mungkin ada beberapa di antara kalian yang belum mengetahui apa sih root itu? Apa kelebihannya bila smartphone anda root dan apa kekurangannya? Sekarang kita mencoba memberi sedikit informasi tentang root pada Android.

Repairing Android(Kabarandroid.com)

 

Foto : www.kabarandroid.com

Apa pengertian Root?

Pengertian Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Lalu apa fungsi Root bila digunakan pada smarphone kita? Fungsi root adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Nah setelah memahami sedikit tentang root Android, kami akan masuk ke pembahasan utama yaitu tentang keuntungan dan kekurangan root pada Android.

Kelebihan Root pada Android

  • Mendapat Hak Akses Super User

Dengan melakukan Root sobat dukom dapat lebih leluasa mengakses, mengekseusi semua file, comand, system. Sehingga sobat dukom dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file anda.

  • Dapat Meningkatkan Perfomance Device

Dengan melakukan Root sobat dukom dapat memaksimalkan semua kinerja pada Smartphone anda.

  • Tampilan lebih Aktraktif

Dengan melakukan Root sobat dukom dapat mengcustom seluruh tampilan pada smartphone anda mulai dari tampilan awal, shortcut hingga widgets.

  • Dapat mengeksplor gadget kita lebih dalam

Mungkin dengan melakukan root secara sadar atau tidak sobat dukom sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menelusuri seluk-beluk Android anda.

Kekurangan Root pada Android

  • Menghilangkan garansi Android anda

Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Disarankan bila sobat dukom ingin me-Root smartphone anda, lebih baik habiskan dulu garansinya, karena terkadang ada beberapa custom yang tidak bisa di un-root.

  • Android Root rentan terinveksi virus

Melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG.

  • Harga jual turun drastis

 

So? apakah sekarang sobat dukom sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan root pada Android? anda ingin mencobanya? silahkan tapi ingat segala resiko bukan tanggung jawab kami dan disini kami hanya memberi informasi tentang Kelebihan dan Kekurangannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY