Sumber gambar: tempo.co

Bagi Anda yang tinggal di Kota Bandung, mungkin pernah melihat Bus unik yang berwarna merah dan kuning ini. Ya, Bus tersebut bernama Bandros, merupakan akronim dari Bandung Tour on The Bus. Difungsikan bagi wisatawan yang ingin berkelana mengelilingi kota Bandung. Penamaan “Bandros” itu sendiri merupakan hasil sayembara dari situs jejaring sosial Twitter yang ditweetkan oleh Erry Pamungkas.

Bus Bandros diresmikan Walikota Bandung Ridwan Kamil, tepatnya pada Malam Pergantian Tahun Baru 2014. Bus Bandros berwarna merah merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel, sementara berwarna kuning dari Bank Mandiri.

Sumber gambar: tempo.co
Sumber Gambar: Tempo.co

Latar belakang diciptakan Bus Bandros ini berawal saat terpilihnya Walikota Bandung pada tahun 2013, yakni Ridwan Kamil. Beliau sangat memahami potensi sektor pariwisata kota Bandung sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat.

Awalnya Bus Bandros ini akan ditempatkan di hotel, bertujuan mengantarkan para wisatawan ke tempat-tempat wisata Kota Bandung. Justru rencana tersebut, mendapat apresiasi yang positif dari pihak Telkomsel. Mereka bersedia mendanai bus wisata kota Bandung melalui program Coporate Social Responsibility.

Bus ini diujicobakan pada Februari 2014 dan memiliki 30 tempat duduk. Namun, kebanyakan tempat duduk dimaksimalkan di lantai 2. Lantai 1 hanya terdiri dari 6 kursi bulat dan kursi panjang. Selain itu, dilengkapi atap balkon yang dapat digunakan untuk berdiri.

Adapun rute yang dikelilingi Bus Bandros ini dimulai dari Taman Pustaka Bunga (Halte) – Jl. Supratman – Ir. H. Juanda(Dago) – Ganesha – Tamansari – Ir. H. Juanda – Diponogoro – Cilamaya – Ciliwung dan kembali ke Taman Pustaka Bunga.

Bus ini beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Kecuali, hari Jumat tidak beroprasi. Mengingat Bus Bandros ini tidak menggunakan dana APBD melainkan dana Sposor. Oleh karena itu, dikenakan biaya Rp10.000,-, uang itu akan digunakan biaya perawatan. Saat berkelana mengelilingi Kota Bandung dengan menaiki Bus Bandros ini, Para Wisatawan akan dimanajakan dengan fasilitas wi-fi dan disediakan cemilan bandros manis atau asin.

SHARE
Previous articleTips Merawat Jam Tangan Kesayangan
Next articleIni Dia Sony Xperia Z3 Compact SGP621, Tablet dengan Fitur Canggih
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY