Perusahaan berasal dari Finlandia ini baru saja merilis tablet Android untuk peminat setianya. Tablet Android ini dinamakan Nokia N1. Perangkat ini termasuk produk tablet Android pertama yang diciptakan Nokia, pasca pembelian divisi bisnis smartphone oleh Microsoft.
nokia N1
Menurut Fans Club resmi Nokia, setidaknya terdapat setengah juta lebih orang yang mengantri untuk membeli Nokia N1 melalui belanja online. Menariknya, berdasar pada perolehan pengujian perangkat dari situs Antutu, Nokia N1 ternyata lebih unggul ketimbang iPad Mini 3 dalam tiga buah pengujian video yang dinamakan Manhattan, 1080 T-Rex Offscreen, dan T-Rex. Secara keseluruhan Nokia N1 lebih unggul pada pengujian tersebut. Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai tablet Android yang baru saja dirilis Nokia.

Desain

Nokia N1 ini didesain berbahan alumunium yang terbingkai tablet Android ini, penilaian elegan pun akan tampak kendatipun Anda baru melihatnya. Mempunyai ukuran bentuk tubuh sebesar 200.7 x 138.6 x 6.9 mm pada bobot 318 gram.
nokia N1
Bagian layar, tablet Android ini mengusung layar berukuran 7.9 inch menggunakan resolusi 1536 x 2048 piksel serta kerapatan 324 ppi. Layar yang digunakan Nokia N1 ini pun telah disempurnakan teknologi Corning Gorilla Glass 3, juga mempergunakan Z UI. Pastinya, akan mempermudah Anda saat pengoperasian perangkat.

Performa

Berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop, Nokia N1 ini dipersenjatai Chipset Intel Atom Z3580 menggunakan prosesor empat core berkecepatan 2.3 GHz dan berarsitektur 64 bit. Selain itu, dipasangkan juga RAM sebesar 2 GB dan pengolahan kinerja grafis PowerVR G6430.

Memori internal yang disuguhkan terbilang sangat luas, yakni berkapasitas 32 GB. Akan tetapi sedikit disayangkan, Nokia N1 ini tidak dilengkapi dengan bantuan Slot Eksternal MicroSD.

Dalam sektor fotografi, Nokia N1 mampu dijadikan teman kehandalan. Sebab, dilengkapi menggunakan kamera depan 5 MP, sementara bagian belakang yang merupakan kamera utama dengan resolusi yang lebih tajam, yakni dibekali 8 MP.

Pada divisi konektivitas, Nokia N1 menyuguhkan teknologi Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac pada saluran 2,4 dan 5 GHz yang dibantu antena MIMO untuk pengaksesan jaringan yang lebih sempurna dan cepat. Sementara transfer data lokal, Nokia N1 mengunggulkan teknologi Bluetooth 4.0

Adapun untuk User Interface, pihak Nokia akan menggantungkan launcher teranyarnya yang bertema Z Launcher. Diklaim, sebagai launcher cerdas yang akan dikoalisikan dengan Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop.
nokia N1
Karena chipsetnya yang powerfull, tablet ini bertengger di posisi puncak dalam tes benchmark efisiensi CPU dan pengolahan grafis yang dilakukan melalui aplikasi AnTuTu. Dari hasil database benchmark tersebut, Nokia N1 berhasil memperoleh skor 45.121 dalam tes CPU, dengan mudah melibas perolehan iPad Mini 3 dengan skor 28.446. Sementara dalam tes pengolahan grafis, N1 menghasilkan skor 12.623 mengalahkan iPad Mini 3 dengan perolehan skor 10.102.

Nokia N1 diprediksikan akan akan dirilis di Eropa pada bulan Februari mendatang, namun belum dapat dipastikan dengan jelas mengenai dan kapan perilisan tablet ini di Indonesia. Menyangkut harga berdasarkan kabar yang tersiar masih boleh dibilang terjangkau. Sebab, tablet ini diperkirakan harga jual sekitar US$ 250.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY