Oppo R5 memiliki lekuk yang Indah dan berkesan elegan saat dipandang, tak heran jika ponsel ini pernah menyandang smartphone tertipis di dunia, sebelum Vivo X5 Max dengan ketipisan 4.75mm.

Menawarkan perangkat dengan kemampuan yang eksklusif. Oppo didukung mengutamakan dalam hal desain. Oppo R5 dengan ketipisannya yang hanya 4.85mm itu membuat tampak kokoh. Apakah kita sepakat Oppo R5 sebagai smartphone Android tertipis. Kita akan cari tahu dengan ulasan yang lebih luas lagi mengenai Oppo R5.

Desain

Oppo R5Dulu Oppo bukanlah merek yang terkenal di luar negara asalnya, China. Tapi akhir-akhir ini OPPO dikenal menawarkan ponsel dengan mengutamakan inovasi dan teknik desain, tak terkecuali Oppo R5 ini. R5 dibingkai bermaterial kualitas premium, pada bagian depan berbalut kaca, bagian sisinya berpadu bahan metal. Hanya bagian cover belakang sedikit berbahan pelastik, yang mungkin saja untuk memudahkan pengguna dalam mengakses konektivitas jaringan. R5 saat digenggam terasa begitu ramping, tapi tidak terlalu licin berkat material metal yang digunakan. Karena sisi yang datar ponsel ini, sangat nyaman dipegang, dan grip yang tidak bermasalah dengan R5.

Oppo R5Tentunya, hal yang paling besar dilakukan oleh Oppo R5 adalah ketipisannya. Dengan ketebalan  4,85 mm, ini merupakan smartphone tertipis. Justru hal itu membuat kamera lebih menonjol dari bodi  yang menyebabkan beberapa masalah  durabilitas, atau mungkin saja itu tidak masalah sama sekali. Namun jika Anda seseorang memiliki aktivitas suka ber-SMS, saat ponsel itu diletakan di atas meja, saat ponsel bergetar, disekeliling kita tentunya sedikit terganggu.

Oppo R5Seputar tubuh ponsel, pada sisi kanan terpasang tombol volume dan power yang mudah diakses. Tombol tersebut terbuat dari bahan metal, sehingga tampak solid. Bagian bawah diisipkan port micro USB dan microfon, sementara slot kartu SIM dapat ditemukannya pada bagian bawah sisi kiri. Mungkin, anda bertanya-tanya mengenai tidak dilengkapinya jack headphone dan speaker eksternal, yang merupakan sepakat tidaknya smartphone tersebut berdesin ultra-tipis. Tentunya, keputusan yang diambil Oppo menghilangkan fungsi dan fitur, tetapi bukan berarti kita mendengarkan audio tidak mungkin.

Oppo R5Jika kita ingin mendengarkan musik melalui earphone, anda pun dapat melakukannya, namun yang termasuk sepaket dalam perangkat hanya earbuds proprietary. Earphone tersebut dapat dihubungkan langsung ke port microUsb, dan itu sama halnya saat kita menghubungkan ke jack headphone. Tentunya, hal tersebut sia-sia saja, sebab anda tidak dapat menggunakan headphone milik anda sendiri. Sementara, erphone yang dibawakan tidak menyuguhkan kualitas yang baik, tapi itu masih baik daripada tidak melakukan sama sekali. Bagian speaker luar, volume kualitasnya masih rata-rata.

Layar

Oppo R5

Oppo R5 ini menyematkan layar sebesar 5,2 inci dengan resolusi full HD atau 1920 x 1080 piksel berteknologi panel AMOLED dengan kerapatan mencapai 423 piksel per inci. Ia mengklaim bahwa layar R5 menawarkan brightness terbaik dengan refleksi rendah dan warna yang sangat akurat. Layar yang diusung mampu menghasilkan warna yang cerah, sangat bagus untuk visibilitas di luar ruangan, tetapi juga tampak cukup redup, sehingga mata Anda tidak terlalu regang saat membaca di malam hari.

Performa

Oppo R5Mengenai daya pacunya, Oppo R5 didukung prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 615. Dipadukan Adreno 405 GPU dan RAM 2 GB. Snapdragon 615 merupakan mid range prosesor Qualcomm berarstektur 64-bit. Akan tetapi, software yang tertanam dalam ponsel tersebut masih 32-bit, jadi tidak sepenuhnya dapat dimanfaatkan dari kinerja prosesor ini. Dilihat dari spesifikasinya, performanya cukup mengesankan. Baik menutup dan menjalnkan aplikasi terjadi dengan cepat dan smooth, saat bermain games menggunakan prosesor ini mampu bekerja tanpa menyebabkan lag atau putus-putus.

Oppo R5Kinerja Multitasking pun cukup baik, namun sedikit lambat. Sebab, anda harus menekan tombol sedikit lama untuk menuju menu setiap kali anda ingin mengakses layar Recent Apps (aplikasi terakhir saat sudah digunakan). Sehingga, penerapannya menjadi kurang optimal dan bukan berarti memiliki kinerja yang buruk. Masalahnya kinerja yang cukup dirasakan ialah terlatak dari keyboard. Anda tidak dapat menggunakan keyboard pihak ketiga, sedangkan setiap kali reboot anda perlu untuk switch. Kemungkinan masalah ini akan diperbaiki dengan melakukan update perangkat.

Kamera

Oppo R5Pada bagian kamera, dibekali kamera utama belakang sebesar 13 Megapixel.Didukung dari teknologi sensor Sony dan dilengkapi LED flash. User Interface/tampilan antarmuka software kamera tampak jelas, simple,dan intuitif. Pengaturannya tidak telalu banyak, terutama dalam kontrol manual, bagian luar mode expert, pengambilan foto dan video relatif cukup mudah. Pengaturan kamera berada di sudut kiri bagian bawah, sedangkan slide out panel berada di sisi kanan.

Dengan aplikasi ini dapat sedikit terganggu saat digunakan, terutama saat memotret dalam mode landscape. Sebab, tidak semua yang ada di layar ikut terpotret. Misalnya, saat menyesuaikan potret pengaturan kamera tetap terkunci, setiap kali anda ingin mengubah pengaturan, anda diharuskan membacanya dengan posisi menyamping, atau memutar handset kembali ke tujuan semula. Hal yang sama terjadi ketika menggunakan beautify mode, anda akan melihat bahwa tidak ada obyek ikut berputar ke landscape, memberikan pengalaman yang tidak konsisten dan mengganggu.

Oppo R5

Kelebihannya, kamera Oppo R5 memiliki kecepatan rana yang cepat. Sehingga, memberikan kemudahan saat memotret secara cepat dan beruntun. Namun yang disayangkan, hal tersebut tidak didukung dengan kualitas gambar yang berkesan. Resolusi 13 Megapixel lebih memungkinkan untuk memotret dengan hasil yang tajam, namun ada kecenderungan over exposure atau dengan kata lain cahaya pada hasil foto menjadi sedikit berlebihan. Memotret di ruangan tentunya lebih baik, hasil warna sedikit lebih tajam dan detail. Kesemuanya itu tetap membutuhkan beberapa percobaan memotret, agar menghasilkan foto yang lebih baik.

Memotret dengan mode normal dapat menghasilkan kualitas foto yang kurang bagus, apalagi pengambilan gambarnya dengan kondisi cahaya yang minim. Noise tampak meningkat dan tingkat kedetailannya menjadi berkurang. Hal itu tentunya mengherankan dengan lensa beraperture f /2.0. Oppo pun sudah memfasilitasi modus rana lambat yang membuat rana membuka lebih lama untuk menarik lebih banyak cahaya, dan itu benar-benar dapat difungsikan dengan baik. Foto yang dihasilkan tampak cerah dan tajam serta tidak banyak noise. Meskipun demikian, anda perlu memotret dengan tangan yang stabil untuk menghindari hasil foto yang kabur atau tidak fokus.

Oppo R5

 

Hasil Foto Oppo R5

 

Oppo R5Fitur HD Ultra yang tersemat R5, memungkinkan anda untuk mengambil foto dengan kualitas 50 MP, dan ini merupakan andalan utama perangkat Oppo, termasuk di R5 ini. Software keren dengan menghasilkan rantaian gambar secara bersamaan. Kualitas Gambar yang dihasilkan tampak lebih tajam dan detail, meskipun proses gambar sedikit membutuhkan waktu. Ukuran file foto ini pun lumayan besar. Dengan kapasitas penyimpanan internal hanya 16 GB dan tidak dilengkapi slot microSD, ruang penyimpanan kemungkinan akan cepat habis.

Baterai

Oppo R5Ada berbagai hal yang membuat Oppo R5 menjadi smartphone yang begitu tipis. Terlihat dari baterai yang digunakan 2,000 mAh, yang tampak begitu kecil. Dari beberapa tahun terakhir dengan smartphone yang ada, adalah model pertama . Namun sayangnya, baterai yang diusung dapat dikatakan berkategori buruk. Baterai hanya mampu bertahan 10 sampai 12 jam, ditambah maksimal 2 jam dengan kondisi layar yang menyala. Mungkin kita dibuat heran, mengapa perancangan smartphone tertipis harus memiliki efek negatif seburuk itu.

Oppo R5

Kabar baiknya, yang menjadi kelebihan R5 dibekali teknologi Oppo VOOC, pengisian baterai menjadi lebih cepat. Mampu melakukan pengisian baterai 75% dengan waktu kurang dari 30 menit. Dibandingkan dengan pengisian baterai pada umumnya, Oppo VOOC dikategorikan pengisian daya yang cukup cepat.

Software

Oppo R5Pada sektor sistem operasi, R5 menggunakan ColorOS 2.0 buatan Oppo sendiri, yang merupakan sistem operasi yang berbasis Android 4.4 Kitkat. Sementara tampilan ColorOS terbaru tidak mengalami banyak perubahan dari sisi keindahan, menu pengaturan dirancang dengan tampilan sedikit lebih gelap, dan panel gesture diposisikan pada bagian bawah. Penempatan panel gesture yang dirubah itu cukup memberikan kemudahan, sebab anda tidak perlu kawatir saat membuka secara tidak sengaja dalam mengakses notifikasi.

Oppo R5Panel gesture mampu berfungsi dengan beberapa gesture pada aplikasi, seperti kamera maupun flash. Gesture ini pun ketika layar dalam keadaan mati dapat memicu kemungkinan akses yang lebih cepat dan mudah ke aplikasi pilihan anda. Seperti yang sudah dijelaskan, tombol power diposisikan dengan sangat baik dan mudah dijangkau.

Simpulan

Kenyataaanya memang tidak diragukan lagi tampilan Oppo R5 yang begitu indah, dirancang sangat baik dan pernah menyandang smartphone tertipis di dunia. Seperti yang kita sudah bahas sebelumnya,  terdapat beberapa hal dampak yang dihasilkan smartphone tertipis. Jika anda tak berkeberatan dengan ponsel tidak yang dilengkapi jack headphone atau  speaker eksternal agar kualitas suara lebih dinamis dan baik, dan anda lebih condong nyaman menggunakan handset dengan kondisi daya tahan baterai yang singkat, silakan Oppo R5 dapat dijadikan alternatif untuk anda. Beberapa orang, mungkin itu tidak masalah yang terlalu besar untuk sekedar mendapatkan smartphone. Akan tetapi, selera dan kebutuhan tiap-tiap orang mungkin berbeda, jadi keputusan terakhir kembali lagi di tangan anda.

Kelebihan

  • Memiliki Desain yang tipis dan slim
  • Terbuat dari material berkualitas premium
  • Layarnya yang cantik
  • Mudah digunakan

Kekurangan

  • Ketahanan daya baerai cepat habis
  • Kualitas kamera di bawah standar
  • Software masih banyak celah bug atau kurang stabil

 

(Diolah Berbagai Sumber )

Sumber Utama

 

Harga Terbaru Oppo R5

1 COMMENT

LEAVE A REPLY