Bisnis fotografi, warnet, percetakan, atau perkantoran sudah tentu wajib memiliki perangkat printer. Ya, saat ini sudah tidak musimnya menulis panjang lebar menggunakan pulpen karena cukup mengetik di komputer dan mencetaknya melalui mesin dianggap lebih ringkas. Atau mesin ketik yang sudah jadul juga dianggap kuno dijaman modern ini semenjak kehadiran printer. Dapatkan Anda memasukan gambar melalui mesin ketik? Ketika printer sudah menjadi kebutuhan utama, masalah lain timbul yakni bagaimana memilih printer yang berkualitas bagus. Setiap brand printer mengklaim yang terbaik, yang terawet dan yang paling berkualitas.

Ada dua merek printer yang dianggap paling menonjol dan laris saat ini, yakni Canon dan Epson. Canon yang sudah berpengalaman memproduksi perangkat fotografi dan mesin penghasil gambar harus bersaing ketat dengan Epson yang sudah ahlinya dalam menggarap mesin printer berbagai jenis, scanner dan dekstop komputer. Sering kali akhirnya orang-orang bertanya, Canon vs Epson mana yang terbaik? Untuk Anda yang masih bingung memilih printer, berikut ini kami mengulas keunggulan dan kekurangan antara Canon & Epson:

 

Keunggulan Canon

  1. Keunggulan pertama Canon adalah dari harga-harga printernya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan produk Epson untuk spesifikasi yang hampir sama. Pada akhirnya untuk Anda yang memiliki budget terbatas lebih cocok sebagai pengguna printer Canon.
  2. Selain murah, Canon terkenal dengan printernya yang mampu mencetak lebih cepat. Anda bisa mengetes sendiri seperti pada printer seri Canon IP22770 yang ternyata dapat menghasilkan Print Speed Black : 7.0 ppm serta Print Speed Colur : 4.8 ppm. (ppm: Print Pages Perminutes). Sangat cocok untuk perkantoran dengan banyak pekerjaan sehingga lebih mengutamakan kecepatan mencetak. Ketika Anda terbiasa menggunakan Canon, Anda akan kaget karena Epson cenderung lebih lambat.
  3. Kualitas hasil cetakan yang bagus terutama saat menggunakan tinta original, dan sangat cocok untuk mencetak dokumen.
  4. Komponen printer Canon yang diklaim lebih awet, mungkin karena jarang ditemui kasus kerusakan Rollpaper, mainboard dan komponen lain pada printer Canon.
  5. Seperti yang sudah dijelaskan, Canon cocok untuk print dokumen. Alasannya adalah pencetakan hitam putih yang lebih stabil tanpa adanya kesalahan warna.

Keunggulan Epson

  1. Hasil warna yang menjadi jaminan utama Epson. Begitu sangat natural, lebih tajam, cerah sehingga Epson banyak dipakai oleh kalangan fotografer. Jangan salah bila studio-studio foto lebih memiliki Epson karena kualitas warnanya yang sangat bagus ketimbang pesaingnya.
  2. Printer Epson dikenal akan keawetannya, Epson diklaim menggunakan micropiezo untuk headnya, selain itu untuk head jenis piezoelectric juga hanya dipakai oleh produk printer Epson saja. Micropiezo merupakan head yang dianggap bisa menghasilkan hasil cetakan lebih berwarna natural,  tajam, bebas grain atau noise, serta menghasilkan cetakan foto dengan transisi tone yang lebih halus.
  3. Perombakan ke sistem infus menjadi pilihan jitu untuk kemudahan. Nah, Epson tampaknya menjadi printer yang sangat mendukung penggunaan sistem infus atau CISS. Alasannya adalah karena kebanyakan printer Epson dirancang dengan komponen Printhead yang dibuat terpisah dari Cartridge. Sistem infus (CISS) memang banyak dipilih untuk kemudahan dalam isi ulang dan meminimalkan biaya. Saat ini Canon dan Epson saat ini sudah membuat printer dengan Ink Tank System asli.

–  Kelemahan Canon

  1. Soal warna, Canon harus mengakui keunggulan Epson. Canon sangat kurang untuk mencetak foto.
  2. Banyak yang menganggap bahwa Head Canon cenderung kurang awet.
  3. Ada banyak permasalahan bila printer Canon dirubah menjadi sistem infus, seperti masalah selang sistem infus yang justru dianggap mengganggu jalannya Caridge unit. Lagipula harga Catridge Canon termasuk mahal untuk satu setnya.

–  Kelemahan Epson

  1. Kecepatan cetaknya yang seperti ‘siput’. Bahkan perbandingannya dapat mencapai sekitar 1:3 dibandingkan dengan kecepatan Canon.
  2. Printer Epson dengan hasil cetakan yang luar biasa ternyata berimbas pada borosnya tinta.
  3. Harga yang cukup mahal dibandingkan Canon dengan spesifikasi hampir sama.
  4. Saat proses celaning, pengguna harus membuat sistem pembuangan untuk tinta hasil limbah.
  5. Hasil cetakan hitam putih yang kurang bagus, yakni akibat munculnya warna lain.

Kesimpulannya untuk Anda yang membuka usaha foto dan mengutamakan hasil bagus, gunakan Epson. Dan Canon direkomendasikan untuk perkantoran yang mengutamakan kecepatan dan hanya mencetak dokumen semata.

Daftar Harga Printer Terbaru

*Hotkla

 

SHARE
Previous articleKeindahan Yang Tersembunyi Di Bandung Barat, “Sanghyang Heuleut”
Next articleCara Percepat Smartphone Anda
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY