Kamera DSLR memiliki dua model sensor, yakni kamera full frame dan kamera crop. Dibandingkan kamera ASP-C dan four thirds, biasanya kamera full frame memiliki ukuran sensor yang lebih besar dan angle yang lebih luas.

NIKON D810

Kamera full-frame diperkenalkan pertama kali oleh Canon. Yang membedakan kamera full frame dengan kamera crop, ukuran full frame berukuran 24x36mm, ukuran itu  sama percis dengan ukuran sensor film. Sementara kamera Crop atau APS-C menggunakan sensor yang lebih kecil, disebabkan pemotongan crop factor antara 1.5 sampai 1.6.

Kelebihan Kamera Full Frame

Nikon D800

Dengan memiliki ukuran sensor yang lebih luas, terdapat kelebihan kamera  full frame jika dibandingkan kamera crop:

Noise Gambar Sedikit

Foto yang dihasilkan, noise cenderung sedikit. Kamera full frame dibekali komponen yang lebih banyak dan sangat peka terhadap cahaya, pada saat pemotretan dalam kondisi minim cahaya, kamera full frame lebih jelas dibandingkan kamera crop.

Foto Detail

Tingkat detail foto yang dihasilkan lebih beragam, sebab kamera full frame memiliki komponen yang lebih banyak, sehingga sangat peka terhadap cahaya yang masuk.

DOF Tajam

Kamera full frame memiliki kemampuan DOF yang lebih tajam, Dept of field memiliki hubungan yang cukup kuat dengan ukuran sensor. Kamera full frame memiliki tingkat DOf yang lebih sempit. Sehingga, foto yang dihasilkan frame, bokehnya lebih lembut/bagus dibandingkan kamera crop.

View Finder Lebih Besar dan Cerah

View finder pada kamera full frame lebih besar dan lebih cerah. Umunmnya kamera full frame memilki viewfinder lebih luas dan lebih cerah. Sehingga kita dalam mengatur komposisi foto akan terasa jauh lebih mudah dibandingkan kamera non-full frame.

Lebih Nyaman

Kamera full frame lebih nyaman saat memotret dengan mode wide. Ketika kita akan memasangkan lensa 10mm pada kamera full frame, maka akan tetap 10mm. Berbeda saat menggunakan kamera crop, lensa 10mm akan berubah menjadi lensa 15 mm karena dicrop1.5 kali.

Kekurangan Kamera Full Frame

CANON EOS 5D MARK IIIKamera full frame memang banyak kelebihannya, namun tidak luput dari kekurangannya

Lebih Berat dan Mahal

Kamera Full frame lebih mahal harganya, sebagai perbandingan harga kamera full frame Canon EOS 5D Mark III dijual dengan harga sekitar 30 jutaan, sementara kamera crop yang termahal dari canon dibandrol dengan harga separuhnya. Bobotnya pun kamera full frame jauh lebih berat dibandingkan dengan kamera crop, sebab komponen sensor kamera full frame lebih banyak.

Hanya Lensa Khusus Kamera Full Frame

Kamera Full frame tidak dapat menggunakan lensa crop, kamera full frame hanya dapat menggunakan lensa yang khusus dirancang full frame. Selain itu, ketika digunakan lensa dan EF-S, gambar yang dihasilkan akan terpotong.

Itulah perbedaan utama kamera full frame dan non-full frame. Masing-masing kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk menentukan kamera yang cocok untuk kebutuhan anda, alangkah lebih baik mengetahui perbedaan-perbedaan kamera, sehinga tidak akan menyesal setelah membelinya.

Harga Terbaru Kamera DSLR Full Frame
SHARE
Previous articleTips Membeli Laptop Baru
Next articleReview dan Unboxing Asus Zenfone 5
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY