Canon terkenal memiliki koleksi lensa yang beragam seperti lensa fix, zoom, fisheye, wide, normal hingga telefoto. Namun banyaknya pilihan ini disertai dengan banyaknya istilah dan kode yang tentunya bisa membingungkan sebagian pemakai kamera DSLR Canon, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali memakai kamera DSLR. Saat orang awam bertemu dengan istilah di lensa Canon EF 70-200mm F/4L IS USM, mungkin tidak setiap orang bisa mengerti maksud kode-kode yang tertulis di bodi lensa tersebut. Butik Dukomsel memiliki banyak produk lensa Canon terbaik untuk dipilih, namun bagi yang masih belum memahami maksud kode-kode di lensa Canon, ada baiknya mengenali dulu istilah di lensa Canon salah satunya adalah Lensa IS dan lensa Non IS.

Lensa Canon

Lensa IS (Image Stabilizer) adalah lensa yang dilengkapi teknologi dengan sistem peredam getar, sehingga saat dipakai memotret dengan shutter speed rendah bisa didapat hasil foto yang tetap tajam. Karena dengan getaran sedikit saja bisa merusak hasil foto alias menjadi blur. Getaran tersebut biasanya terjadi akibat gerakan tangan atau karena lensa terlalu panjang. Sistem IS ini mendeteksi getaran dan melakukan kompensasi sehingga hasil foto tetap tajam.

Fitur IS ini bisa dinonaktifkan misalnya saat memakai speed tinggi atau saat memakai tripod. Lensa dengan fitur IS tentu lebih membantu dalam mendapat hasil foto yang tajam, lensa ini juga memiliki komponen elektronik tambahan sehingga menyebabkan harganya menjadi lebih mahal. Misal lensa EF 70-200mm f/4 dengan IS harganya sekitar 11 juta, maka lensa serupa tanpa fitur IS harganya 7,5 jutaan. Fitur IS lebih dibutuhkan pada lensa dengan bukaan diafragma kecil, atau lensa dengan fokal yang cukup panjang (diatas 50mm).

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa kode Non IS berarti lensa ini tanpa Image Stabilizer. Lensa ini bisa dikatakan lensa dengan spesifikasi paling rendah dan harga pun lebih murah. Jadi ketika anda mengambil gambar maka getaran pada kamera dan lensa akan terasa, getaran tersebut yang dapat menyebabkan hasil foto agak buram. Jika anda ingin menggunakan lensa Non IS diperlukan latihan agar bisa menyesuaikan lensa dengan setting kamera terutama dalam pengaturan speed.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY