Ketika kita memilih PC atau laptop, pasti kita dihadapkan dua pilihan processor, yakni intel dan AMD. Kedua vendor tersebut merupakan yang terbaik sebagai produsen processor dan memang yang menguasai pasar di dunia untuk saat ini.

Processor itu sendiri merupakan otak dari komputer yang bertugas mengontrol jalannya sistem komputer. Semakin besar memori, semakin cepat processor yang dihasilkannya. Processor yang cepat, kita dapat melihatnya dari jumlah inti core, sebab processor bekerja pada aplikasi yang kita gunakan, semakin banyak aplikasi yang kita gunakan, semakin banyak juga processor yang dibutuhkan.
Pilih Amd Atau Intel
Umumnya, AMD lebih dikenal ditujukan untuk kebutuhan bermain game, sedangkan Intel lebih pada menjalankan aplikasi yang berat. Pandangan ini ada benarnya, kebutuhan gaming tidak terlalu memerlukan processor memori yang besar tapi lebih membutuhkan tranfer data yang cepat. Intel jauh lebih nyaman menjalankan banyak apklikasi atau membuka program yang berat sebab memori yang digunakan jauh lebih besar dibandingkan processor untuk di kelasnya AMD.

Dalam hal kinerja kedua processor ini memiliki kelebihan dan kekuranganya. Namun demikian, teknologi yang diusung intel dan AMD sama-sama kuat.

Intel dikenal lebih dulu  dibandingkan AMD. Processor ini lebih kuat dalam menjalankan aplikasi berat, terutama aplikasi multimedia dan grafis. Kinerjanya tidak berisik dan suhunya dapat melakukan pengaturan sendiri, jika processornya panas maka akan mengurangi kecepatan kinerjanya. Namun untuk di kelasnya, dalam kinerja grafis AMD lebih unggul ketimbang Intel dan harganya cenderung lebih mahal.

Berbeda dengan AMD, urusan harga jauh lebih murah dibandingkan Intel. Kemampuan grafisnya pun AMD jauh lebih bertenaga. Namun yang disayangkan, dengan dibekali clock speed yang cukup besar, processor AMD dikenal cepat panas meskipun dapat disiasati dengan ice cooler.

jika anda seorang designer atau analyst sistem, penggunaan processor Intel akan membantu kenyamanan pekerjaan, sebab memori internal processornya jauh lebih besar, sehingga waktu proses rendering atau komputing jauh lebih cepat ketimbang AMD. Namun, jika anda seorang gamer direkomendasikan menggunakn platfrom AMD dan pilihlah core speed yang berkecepatan tinggi.

Di dunia teknologi processor merupakan otak utama dalam sebuh perangkat. Masing-masing Intel dan AMD terus mengembangkan teknologi terbaru. Bagaimanapun Intel dan AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya, yang pastinya sama-sama kuat, dan processor yang dipilih tergantung dari kebutuhan penggunaan.

SHARE
Previous articleReview iPhone 6
Next articleCara Sederhana Merawat Printer
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY