Samsung A Series pertama kali diresmikan pada akhir 2014 beberapa waktu yang lalu dalam Ajang CES di Las Vegas.

Casing berbalut metal ini merupakan perubahan baru dari samsung sebagai respon negatif yang dialamatkan Samsung Galaxy S5 sebab berbahan pelastik.

smasung a3

Pada model A series terdiri dari A3, A5, dan A7. Perbedaan utama terletak ukuran layar yang memilki variasi, dan seri A7 merupakan layar yang paling besar. Namun, samsung memposisikan ketiga ponsel tersebut di bawah Galaxy S5 dan Galaxy Alpha, dapat dikatakan sebagai mini alpha yang lebih soft.

Full Berbalut Metal

Model Seri A membawa perubahan yang terbesar dengan perancangan unibodi berbalut metal, sehingga tampak jauh lebih baik dibandingkan tipe Samsung sebelumnya. Desainnya dirancang bermaterial almunium yang padat dan tepinya dibuat lembut.

Dibalut metal pada bagaian bodi belakang dan tersemat pada bagian kanan lensa kamera tersebut tertanam sebuah speaker mungil. Pada sisi kirinya tersemat LED Flash untuk membantu pemotretan saat kondisi low-light.

Samsung A5 atau A3

Perancangan ini mirip dilakukan HTC yang telah memulainya selama beberapa tahun, dan artinya penutup baterai tidak dapat diganti.

Samsung A5 atau A3

Galaxy A5 dan A3 merupakan smartphone tertipis terbaru Samsung, A3 memiliki ketebalan 6.7mm. Sedangkan A5 6.9mm, tentunya memberikan nuansa premium saat disentuh. Sementara baterai tidak  dapat diganti, terdapat pula slot kartu microSD untuk memperbesar ekspansi penyimpanan.

Samsung A5 atau A3

Pada bagian depan, terdapat bagian kaca layar dan tombol home serta speaker di bagian atas. Sedikit terganggu logo samsung, bagian depan yang menghadap kamera (5 megapiksel), jaraknya terlalu dekat dengan sensor, dan jika Anda melihat secara lebih dekat, tampak desain crosshatch sedikit samar.

Desain Tampilan

Seri A hadir dengan tiga ukuran yang berbeda. Ada A3 4.5-inch, A5 5-inci, dan A7 5,5inci. Spesifikasi sebagian besar sama, namun resolusi dan ukuran layar yang berbeda.

Samsung A5 atau A3

Pihak ketiga dalam urusan perlindungan layar, dipercayakan Super AMOLED, namun perbedaannya terletak  A3 menggunakan QHD, sedangkan A5 menyematkan HD. Pada kenyataannya justru itu tidak membuat perbedaan yang terlalu mencolok. Kedua layar itu cerah, tajam, dan jernih dengan sudut pandang yang baik. Mengingat harga yang ditawarkan, harga sebanding dengan kualitas layar yang baik.

Kelas Menengah atau Kelas Menengah Atas?

Daya Pacu Samsung A3 memiliki prosesor 1.2GHz quad-core, 1GB RAM, penyimpananya 16GB, 4G, navigiasi GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan NFC. Dibekali baterai sedikit kecil sebesar 1,900mAh. Pada bagian kamera utama di bagian belakang dibekali tingkat ketajaman 8 megapiksel, sedangkan kamera depan untuk foto selfie dilengkapi sebesar 5-megapiksel.

Samsung A5 atau A3

Samsung A5 didukung prosesor quad-core 1.2GHz, processornya sama dengan A3. Akan tetapi, terdapat peningkatan RAM 2GB dan peningkatan kamera belakang sebesar 13-megapixel bukan 8-megapixel. Anda pun mendapatkan baterai yang lebih besar, sebesar 2,300mAh. Sementara penyimpanannya pun tetap sama.

Samsung A5 atau A3

A3 akan mulai berjuang dari waktu ke waktu setelah menjalankan aplikasi atau dengan kata lain lebih lama dibandingkan A5, tapi sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. Jika Anda tidak ingin menjalankan game terbaru atau aplikasi  berat seperti video editing, Anda tidak akan banyak menemui masalah.

Apakah lebih bagus dari SGS5 dan SGN4?

Seri A berada di bawah Samsung Galaxy Note 4 dan Samsung Galaxy S5 lebih dapat memberikan manfaat dan menjadi pelajaran masa yang akan datang.

Samsung A5 atau A3
Seri A belum mendukung Android 5.0 Lollipop dan tidak memiliki mode selfie yang luas, memungkinkan anda dapat menggunakan mode panorama dengan gambar yang saling berhadapan, mode ini baru ditemukan pada Note 4.

Dalam prakteknya performanya sangat baik, dan menyematkan fitur kecil dengan gambaran yang lebih luas. Fitur kamera lainnya termasuk Palm Selfie, Animated GIF, Beauty Face Features, dan Rear-cam Selfie.

Jika Anda menyukai tampilan TouchWiz, pastinya anda menyukainya. Anda harus mengganti launcher supaya dapat memfungsikannya.

Kesan Pertama

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah desain unibody baru yang pertama diluncurkan oleh Samsung dan tentunya disambut antusias oleh pengguna gadget.

Namun terdapat beberapa klaim, desainnya terlalu mirip dengan HTC atau iPhone. Kendati demikian, yang jelas  sedikit lebih baik dibandingkan berdesain plastik dan tipis pada Samsung di masa lalu.

Sejauh ini Samsung cukup cerdas, sebab tidak melakukan perancangan secara meluas ke perangkat unggulan. Tapi ini diduga merupakan cara yang baik bagi perusahaan untuk tidak hanya menguji di air, melainkan juga perlahan-lahan mengisyaratkan yang akan terjadi di masa akan datang.

Apple, LG, Sony, dan HTC semuanya menunjukkan pada konsumen smartphone berbahan metal dan glass, dan sepertinya Samsung secara continue bermain di seri A.

Seri A tampak memiliki potensi yang cukup baik di pasar menengah ke atas. Sekarang, yang harus dilakukan oleh Samsung adalah penawaran harga yang tepat.

 

Sumber

Harga Terbaru Samsung Galaxy A5

Harga Terbaru Samsung Galaxy A3

SHARE
Previous articleBeli Smartphone LG Gratis DVD Player di Butikdukomsel.com
Next articleMalam Mingguan Di Butik Dukomsel
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

2 COMMENTS

    • Halo mas David,
      Bisa dicoba dengan cara berikut:
      1. Buka Setting>Application Manager>Pilih All
      2. Setelah pilih All aplication, cari dan pilih Touchwiz
      3. Tap atau klik pada pilihan Clear data
      Semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY