xl-2015-project-loon-1

Diantara kita pasti sudah ada yang mendengar mengenai adanya suatu project baru dari google yang dinamakan Project  Loon. Project Loon ini dibuat bukan tanpa tujuan, project ini merupakan salah satu langkah dari Google untuk mewujudkan akses paket internet murah bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, terutama di wilayah-wilayah yang terkena bencana alam agar memudahkan akses komunikasi di daerah-daerah tersebut.

Konsep dari Project Loon adalah menciptakan jaringan wireless melalui balon udara yang ditempatkan di lapisan stratosfer dengan ketinggian sekitar 20 Km dengan jangkauan radius 4 Km. Kecepatannya menyerupai jaringan 3G. Balon udara ini dapat menyesuaikan ketingiannya dan bergerak sesuai dengan arah angin di lapisan stratosfer. Pergerakan balon udara sendiri disesuaikan dengan data kecepatan angin di dalam National Oceanic and Atmospheric Administration(NOAA).

 project-loon

Pertama kali project ini diuji cobo di Selandia Baru pada Tahun 2013. Di Indonesia sendiri, uji coba Project Loon baru akan dimulai pada tahun 2016, setelah sebelumnya terjadi kesepakatan diantara pihak Google dan tiga operator utama Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat dan XL. Menurut kesepakatan uji coba akan dilakukan selama satu tahun penuh dan akan di terbangkan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Keberadaan Project Loon membuka peluang baru bagi penduduk seluruh dunia agar dapat terhubung satu sama lain melalui akses internet, juga dapat membantu penduduk di negara tertinggal untuk mendapatkan paket internet murah. Seperti halnya Nigeria, negara di Benua Afrika yang sudah  dipastikan dapat menikmati hasil proyek ini.

Diharapkan Project Loon dari Google ini bisa menjadi solusi baru bagi masalah akses komunikasi di daerah terpencil, karena bagaimanapun akses komunikasi yang mudah sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakatnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY