Selama ini, Canon berseri EOS 7D dikenal  banyak digunakan fotografer pro. Akhirnya, Canon mengeluarkan versi terbarunya yakni EOS 7D Mark II. Secara fisik tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Namun, perbedaaanya terletak pada dukungan teknologi Dual Digic 6. Sehingga, Canon 7D Mark II memiliki peningkatan kinerja, baik dari kehandalan sistem autofokus maupun kecepatan shooting.

Canon EOS 7 D Mark II

7D Mark II ini memiliki tekstur yang kasar, bertujuan anti-slip kala digenggam.  Memberikan Anda kenyamanan dan kekokohan  saat di tangan. Kamera ini tergolong kamera yang dirancang untuk fotografer profesional ataupun pehobi foto yang memiliki aktivitas memotret subjek bergerak cepat, seperti pertandingan olahraga, satwa liar, ataupun peliputan media.

Tampilan Desain

Canon 7D Mark II  dirancang berbahan material magnesium alloy, memiliki ketahanan terhadap cuaca maupun  debu. Dilengkapi tuas yang melingkar pada joystik dan tombol autofokus yang cukup besar, memudahkan Anda saat ingin mengakses mode autofokus.
Canon EOS 7D Mark II
Layar LCD 7D Mark II tidak dapat diputar. Namun demikian, layar bidik optik viewfinder kamera memiliki ukuran yang lebih besar dan tampak jelas. Penempatan lapisan layar LCDnya pun bersifat transparan, posisinya tepat ditempatkan pada jendela bidik, bermanfaat untuk menampilkan informasi pengaturan kamera. Sehingga, memberikan kemudahan fotografer untuk mengatur komposisi sebelum sesi pemotretan.

Kinerja Auto Fokus

Kinerja kamera 7D Mark II dalam mode autofokus (AF) sangat cepat dan akurat, memiliki kecepatan continuous shooting 10 frame per detik. Autofokus yang tersemat menjadi nilai jual utama dari Canon 7D Mark II ini. Meskipun dalam kondisi cahaya yang cukup gelap, kecepatan autofokus tidak berkurang kinerjanya. Dapat dikatakan kualitas autofokus kamera ini sebanding dengan kamera Canon 1DX.
Canon EOS 7D Mark II
Didukung teknologi autofokus terbaru, EOS Intelligent Tracking dan Recognition (iTR), memungkinakan dapat  mengenali dan menganalisis wajah ataupun warna obyek. Sehingga, saat pembidikan warna objek yang bergerak akan terkunci.

Kamera ini dibekali teknologi Dual Pixel CMOS AF, Anda dapat merekam video dengan dukungan fitur Movie Servo AF. Ketika disinambungkan  dengan lensa berteknologi STM (Stepping Motor), tidak akan mengeluarkan bunyi yang berisik saat  pembidikan autofokus.

Kualitas Foto dan Video

7D Mark II  menggunakan Dual DIGIC 6, menggunakan sensor CMOS 20,2 megapiksel. Teknologi ISO-nya memiliki hingga 16 ribu. Meskipun dalam kondisi cahaya yang minim, foto yang dihasilkan  akan tajam dan noise yang menapak relatif sedikit.

Fitur terbaru diusung kamera 7D Mark II  ini adalah  Bulb Timer, memungkinkan Anda dapat mengoperasikan kamera tanpa menggunakan remote terpisah.  Dibekali fitur dengan long-exposure, Anda dapat melakukan teknik pembidikan obyek sambil membuka shutter yang lama, bertujuan memperoleh cahaya yang banyak. Selain itu dibekali fitur  time-lapse, pengambilan sekumpulan gambar untuk menjadi sebuah klip pendek.

EOS 7D Mark II memiliki kemampuan merekam video full-HD (1920×1080) 60 FPS dalam format MP4 atau MOV. Anda pun dapat  menghubungkan  video uncompressed melalui port HDMI ke perekam eksternal. Kemudian, dilengkapi  pula Jack mikrofon dan headphone berfungsi merekam dan memantau suara.

Kesimpulan

Canon EOS 7D Mark II diperuntukan pehobi fotografi atau fotografer pro yang menginginkan gambar berkualitas tinggi, dan memiliki aktivitas membidik kamera dengan rintangan berbagai macam objek dalam  kondisi yang berbeda-beda. Salah satu kekurangan yang terdapat  Canon EOS 7D Mark II, yakni tidak dibekali konektifitas WiFi. Adapun Kamera ini dibandrol  20 jutaan ini, terbilang cukup mahal. Meskipun demikian, harga sebanding  spesifikasi dengan kemampuan 65 titik autofukos yang  sangat mumpuni.

 Harga 7D Mark II

Spesifikasi Canon 7D Mark II

Effective Pixels 20.2 Megapixels
Ukuran Sensor 22.4 x 15 mm
Tipe Sensor CMOS
Prosesor Dual DIGIC 6
ISO 100 – 16000
White Balance Auto / Custom / Preset
Autofocus AF-C ( Continuous AF)
AF-S (Single-shot AF)
M (Manual Focus)
Lens Mount Canon EF mount
Min shutter speed 30 sec
Max shutter speed 1/8000
Shutter Speed Mechanical
Electronic
Tipe Layar TFT color LCD monitor
Ukuran Layar 3 inch
Built-in Flash Ya
Video MOV
MP4
Storage SD memory card
SDXC memory card
SDHC memory card
Image RAW
M RAW
JPEG
S RAW
Konektivitas USB 3.0
HDMI mini
Ukuran 148.6 x 112.4 x 78.2 mm
Baterai Rechargeable Lithium-Ion LP-E6N
Fitur Lain Built-in GPS
Self Timer
Face Detection
Image Stabilizer
SHARE
Previous articleDaftar Smartphone Android 700 Ribuan
Next articleInilah Kecanggihan Snapdragon 810
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY