Apple sudah mengeluarkan produk flagship terbaru, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Tentunya mengundang antusiasme yang tinggi bagi para pengguna gadget, terutama bagi penggemar Apple. Kedua smartphone tersebut pertama kali diluncurkan pada september beberapa bulan yang lalu di Amerika, dan kini sudah tersedia di tanah air.

Dibandingkan dengan kebanyakan smartphone yang beredar saat ini, dapat dikatakan harga iPhone merupakan yang termahal. Ya, memang seperti yang kita tahu bahwa Apple lebih mementingkan kualitas dan tidak mau mengorbankan dengan harga yang murah. Tak heran jika produk Apple memiliki banyak penggemar setia. Lantas, bagaimana kualitas teknologi teranyar yang ditanamakan pada iPhone 6 ini, apa kelebihan dan kekurangannya ? simak ulasannya berikut:

Iphone 6

Desain

Berbeda dengan iPhone sebelumnya, bagian ujungnya iPhone 6 dibuat melengkung. Layarnya lebih besar dengan ukuran 4.7 inchi, sangat pas dan nyaman ketika digenggam. Bentuk iPhone sedikit mirip dengan smartphone android yang beredar saat ini, katakanlah penggabungan dari beberapa vendor ponsel yang berbeda. Namun demikian, Apple mampu merancang tampilan iPhone ini tetap premium dan tetap konsisten dengan material yang kokoh.
iPhone 6-2
iPhone 6 merupakan ponsel tertipis yang pernah dibuat Apple dengan ketebalan 6.9 mm, nyaman saat mengakses dengan satu tangan, begitu juga ketika ingin disakukan. Pada bagian depan terdapat lubang earpice dan kamera depan, serta tombol home dan sensor proximity. Sementara pada bagian belakang terdapat kamera utama yang menonjol, LED flash dan mic.

Letak tombol volume dan silent switch diletakan di sisi kiri bodi. Kemudian slot kartu SIM nano sama seperti iPhone sebelumnya diletakan di bagian kanan. Ada yang berubah letak tombol power pada iPhone yang sebelumnya ditempatkan di atas, kini pada iPhone 6 ini letak tombol power dan unlock diletakan di sisi kanan, perubahan tersebut memudahkan pengguna dalam mengakses tombol dengan layar yang cukup besar.

iPhone 6-3

Sementara itu pada bagian atas bodi iPhone dibiarkan polos, di bagian bawah tampak ramai dengan beberapa port, seperti port headset, speaker, dan lighning.

Yang menjadi kelemahan iPhone ini adalah desainnya tidak didukung fitur water resistant, pengguna perlu mengakalinya dengan memasangkan case kedap air.

Layar yang digunakan berteknologi Retina Display dengan tingkat kerapatan layar 326 ppi, membuat kualitas layar iPhone sangat nyaman dilihat dari sudut arah manapun. Memang Apple terkenal karena mampu menampilkan kualitas warna natural , tajam, dan kontrasnya yang tidak berlebihan.

Performa

iPhone 6 menggunakan iOS 8, merupakan versi penyempurnaan dari iOS 7. Secara keseluruhan tampilannya sama, terdapat perubahan sedikit tampilannya, hanya saja terdapat minor tweak untuk memudahkkan aktivitas pengguna, salah satu fitur unggulan dari iPhone 6 tersebut adalah Apple Play dan NFS.

Apple menanamkan chipset A8 pada iPhone 6 dengan processor Dual Core berkecepatan 1.4 Ghz dan dipadukan RAM 1GB. Dengan hardware yang dibekalinya iPhone 6 mampu menghasilkan performa yang sangat baik dan lancar.

Kamera utama iPhone 6 beresolusi 8MP, sementara kamera sekunder 1.2MP.Menggunakan lensa Isight dengan tingkat aperature f/2.2 dan dilengkapi true tone LED flash, sensor yang digunakan masih sama dengan Iphone 5s.

Kualitas kamera iPhone 6 ini sangat baik, didukung juga dengan fitur autofokus yang cepat membidik objek, hasil fotonya mampu menghasilkan warna yang tajam dan memiliki tingkat fokus yang cukup akurat dalam kondisi apapun. Resolusi memang bukan jaminan dalam menghasilkan foto yang bagus, yang terpenting adalah kualitas sensor yang disematkan.Adapun dalam proses perekaman video iPhone 6 mampu menghasilkan video beresolusi 1080P. Kemampuan ini cukup baik, namun sayangnya tidak mendukung proses perekman 4k pada video recorder.

Baterai yang digunakan iPhone 6 adalah Li-Po non-removable dengan kapasitas 1810 mAh. Terdapat peningkatan dari versi sebelumnya. iPhone 6 mampu bertahan 10 hari waktu standby, 50 jam untuk memutar musik, dan 14 jam menelepon.Performa yang dihasilkannya jauh lebih baik dibandingkan iPhone sebelumnya.

 

iPhone 6
iPhone 6 merupakan generasi terbaru dari iPhone yang secara jelas terdapat jumlah peningkatan. Ia memiliki penggemar khusus tersendiri. Terlepas dari kekuranganya, iPhone 6 memiliki kelebihan tersendiri dan selalu konsisten menawarkan smartphone yang berkualitas. Jika anda adalah penggemar Apple, atau bagi anda yang membutuhkan smartphone yang simpel tapi berkualitas, iPhone 6 ini dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Apalagi jika produk Apple dipandang brand produk kelas atas, tentunya saat menggunakannya ada kebanggaan tersendiri.

Kelebihan

  • Performa sangat baik
  • Hasil kamera memuaskan
  • Daya tahan baterai berkinerja lebih baik dari versi sebelumnya
  • Material desain premium

Kekurangan

  • Kamera belum mendukung perekaman video 4k
  • Tidak memiliki fitur water resistent/ tidak kedap air
Harga iPhone 6 64GB Harga iPhone 6 16GB
SHARE
Previous articleReview Unboxing Lenovo Vibe X2
Next articlePilih Processor AMD atau Intel ?
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY