Sony Xperia Z1 ini diperkenalkan ke Indonesia pada awal September 2013 waktu yang lalu. Karakteristik seri Z itu sendiri beridentik dengan tercepat, terkuat, dan merupakan smartphone kelas premium yang dikeluarkan Sony. Dengan kata lain, smartphone premium menawarkan fungsi dan fitur yang menarik sehingga berbeda dari pada yang lain.
Sony Xperia Z1
Adapun keunggulan yang tersemat pada Sony Xperia Z1 ini adalah memiliki ketahanan terhadap air, smartphone ini dapat bertahan dibawa berenang selama setengah jam di kedalaman 1,5 meter. Kamera beresolusi 20,7 megapiksel pun diusung, memungkinkan hasil foto dan video akan memuaskan dengan warna yang tajam.

Kali ini, kami berkesempatan untuk mereview lebih dalam Sony Xperia Z1. Seperti apakah keunggulan dan fitur sehingga membedakan dengan smartphone yang lain. Yuk, simak ulasanya sebagai berikut:

Tampilan dan Desain

Xperia Z1 ini dirancang kuat terhadap debu dan air. Dibingkai berbahan aluminium. Ketika saya memegang produk ini berkesan keras dan dingin, membuat kokoh kala digenggam. Sementara pada bagian panel belakang berbahan lapisan kaca antigores dan antipecah, memberikan kesan elegan. Kelemahan dengan dibalut lapisan kaca ini adalah mudah meninggalkan jejak jemari, apalagi jikalau berkeringat. Kendati demikian, Sony membekalinya selembar antigores yang tipis.
Terdapat tiga tombol menghiasi sisi bagaian kanan Xperia Z1 ini. Tombol power berwarna perak yang tampak mencolok, memudahkan Anda ketika ingin menghidupkan smartphone meskipun hanya dengan satu tangan. Kemudian, tombol mengatur volume. Lalu tombol shutter kamera, Anda diberikan kemudahan saat pengambilan gambar tanpa perlu direpotkan menyentuh kaca layar.

Xperia Z1 menggunakan bentang layar berukuran 5 inci. Didukung resolusi Full HD 1080 p dengan tingkat kerapatan 441 pixel per inch. Jenis panel layar Xperia Z1 adalah Triluminos yang didukung oleh teknologi X-Reality for Mobile.

Didukung X-Reality ini memiliki kemampuan menganalisis  sinyal dan memproses gambar agar obyek yang terlihat lebih indah. X-Reality difungsikan membuat gambar menjadi lebih tajam, rendah noise, memiliki tingkat kontras dan saturasi yang lebih baik. Teknologi TriLuminos bertugas untuk meningkatkan color gamut 50% lebih banyak dari LCD biasa. Tentunya dengan mengkombinasikan keduanya, bermain game maupun menonton video menjadi terasa nyaman melalui layar Xperia Z1 ini.

Memori dan Konektivitas

Xperia Z1 memilki performa yang solid dan gegas, ditopang prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon MSM8974 Snapdragon 800 berkecepatan 2,2 GHz, RAM 2 GB, dan chip grafis Adreno 330. Tiga komponen inilah yang berperan penting menjamin proses navigasi menjadi lancar. Demikian pula saat menjalankan aplikasi, aktivitas multitasking akan terasa lebih cepat.

Smarphone ini berjalan di sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, dan sanggup berjalan baik ketika diugrade ke Android 4.4 Kit Kat. Dipercantik dengan sentuhan nuansa khas Sony. Secara default, terdapat lima buah homescreen yang berisikan aplikasi-aplikasi dari Sony. Penggunanya pun dapat diatur sendiri susunan aplikasinya.

Kelebihan produk ini adalah dari segi baterai. Perangkat ini menggunakan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Baterai tersebut dapat membuatnya bertahan satu hari penuh tanpa terhubung ke charger.

Kamera dan Multimedia

Sony menyematkan sensor Exmor RS 1/2.3 inci, merupakan sensor terbesar dalam ranah kamera ponsel. Didukung tingkat ketajaman kamera sebesar 20,7 megapiksel, dilengkapi dengan lensa buatan Sony, kemampuan aperture f/2.0. Secara default, kamera diatur memiliki resolusi gambar 8 megapiksel. Anda pun dapat meningkatkannya menjadi 20,7 megapiksel pada bagian pengaturan mode manual.
Sony Xperia Z1
Kamera Xperia Z1 dapat menghasilkan kualitas foto yang sangat baik. Akan tetapi, post-process kamera ponsel ini terasa sedikit berlebihan. Pengaturan tingkat kontras dan detail terlihat  terlalu tinggi oleh Sony. Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi masalah karena foto yang dihasilkan masih tergolong sangat baik. Selain itu, ponsel ini dapat mengambil gambar secara baik meskipun dalam kondisi minim cahaya.

Proses perekaman video pun terasa lancar dengan kualitas tergolong  baik. Namun, yang disayangkan  adalah format dihasilkan maksimal 1080p 30 fps. Sementara smartphone kelas atas menawarkan 1080p 60 fps atau bahkan 4K, sehingga Xperia Z1 agak tertinggal dengan fitur videonya yang tergolong rata-rata ini.

Kesimpulan

Banyak fitur dan fungsi yang tersemat pada Sony Xperia Z1 ini, misalnya ketahanannya terhadap air, dapat menjadi nilai tambah  di mana banyak perangkat lainnya yang tidak memiliki fungsi seperti ini.

Pada bagian performanya pun, smartphone ini sudah tidak perlu diragukan lagi, menggunakan Snapdragon 800. Dipastikan bahwa kinerja dari smartphone ini dikategorikan perangkat kelas atas. Selain itu, hasil fotonya pun dapat disetarakan dengan beberapa kamera saku sebab memiliki resolusi yang tinggi.

Xperia Z1 ini cocok untuk semua orang yang membutuhkan perangkat premium. Terutama, bagi mereka yang sering melakukan olah raga renang ataupun pehobi fotografi yang mengingikan gambar berkonsep underwater dapat mengambil manfaat saat memiliki smartphone ini.

Paket Penjualan

Kabel USB
Earphone
Charger
Earbuds
Anti Gores + Kain Pembersih
Power Bank
Handsfree
Kartu Garansi
Lensa Sony QX10
Free Data

Sony Xperia Z1 2

Harga Sony Xperia Z1 + Powerbank + Lensa Sony QX10

Spesifikasi Sony Xperia Z1

2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 900 / 2100
4G Network LTE 700 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
SIM Micro SIM
Dimensi 144,4 x 73,9 x 8,5 mm
Tipe Display TFT Capacitive Touchscreen
Resolusi 1080 x 1920 pixels
Ukuran 5.0″
OS Android OS, v4.2 (Jelly Bean), upgradable to v4.4.4 (KitKat),
Chipset Qualcomm MSM8974
CPU Quad-core 2.2 GHz
Memori Internal 16 GB, 2 GB RAM
Memori Eksternal Micro SD up to 64 GB
Kamera (utama) Auto Focus
20.7MP
LED Flash
Kamera (depan) 2MP
Radio Yes
GPS with A-GPS
GLONASS
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Baterai 3000 mAh
Ports 3.5mm audio jack
microUSB v2.0
Fitur lain Accelerometer
Compass
Proximity Sensor
Gyro Sensor
SHARE
Previous articleInilah Kecanggihan Snapdragon 810
Next articleReview Jam Tangan G-Shock Gulfmaster
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY