ricoh theta 2.

Jika Anda sudah bosan dengan hasil foto yang begitu-begitu saja, mungkin bisa mencoba kamera unik yang satu ini. Namanya kamera Ricoh Theta, Ricoh THETA adalah kamera pertama di dunia yang khusus dirancang untuk menghasilkan foto panorama 360° secara langsung. Hasil Gambar tersebut berbentuk bundar dengan panorama yang lebih luas mencapai 360 derajat. Kamera ini juga hadir dengan bobot yang sangat ringan, hanya 95 gram, serta dimensi yang mungil. Sekilas, Ricoh Theta memang terlihat mirip dengan remote karena Anda tidak akan menemukan layar LCD seperti pada kamera saku kebanyakan.

ricoh

Berkat dua buah lensa khusus berbentuk setengah bola yang diletakkan di bagian depan dengan sensor masing-masing sebesar 5MP yang berarti secara total kamera ini memiliki resolusi 10MP. Theta mampu menampung hingga 1200 foto dalam memori internalnya yang berkapasitas 4GB dan baterai li-ion yang digunakan di kamera ini juga cukup tangguh karena mampu memotret hingga 200 foto dalam sekali pengisian. Untuk melakukan pemotretan dalam keadaan apapun. Anda cukup mengarahkan salah satu lensa yang ada pada kedua sisinya ke arah objek foto, dan kemudian tekan tombol shutter.

 

ricoh

Namun untuk menggunakannya anda diwajibkan menghubungkan kamera digital satu ini ke perangkat lain yakni smartphone melalui bantuan konektivitas Wi-Fi. Sayangnya menurut informasi yang beredar di internet, Ricoh THETA hanya baru kompatible dengan iPhone 4s dan iPhone 5 yang menggunakan minimal iOS 6.0. Untuk kedepannya, Ricoh THETA sepertinya juga bakal support dengan smarpthone Android. Ricoh menyediakan galeri online yang bisa dilihat bahkan oleh para pengguna yang tidak memiliki aplikasi Theta, serta foto-foto bisa diupload ke Facebook, Twitter atau tumblr.

ricoh theta

Berikut Spesifikasi dari Ricoh Theta:

*Jarak Fokus terdekat, sekitar 10 cm dari depan lensa*

Kendali Eksposur  Otomatis
Kompensasi Eksposur Manual (-2.0 to +2.0EV 1/3EV Step)
ISO 100 hingga 1600
White balance Otomatis
Kecepatan rana Otomatis 1/8000 –1/7.5 detik
Kapasitas 4GB atau sekitar 1200 foto
Baterai Internal lithium ion battery, rechargeable via USB cable
File format JPEG (Exif Ver2.3) DCF2.0
Konektivitas Micro-USB: USB 2.0, WiFi
Dimensi 42 mm x 129 mm x 22.8 mm x 7.4 mm (tahap awal)
Bobot 95 gram

Kamera ini juga sudah bisa dipesan di Amerika Serikat dan Inggris, serta menyusul untuk Prancis dan Jerman. Penjualannya sendiri dimulai bulan Oktober, dengan banderol 399 dolar AS atau sekitar 4,8 juta rupiah. Sedangkan di Indonesia, Anda harus bersabar dulu, karena belum diketahui kapan jadwal pemasarannya. Yang pasti, kamera Ricoh Theta akan memberikan warna baru untuk dunia fotografi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY