Samsung memberikan kejutan terbaru di tahun 2015 ini. Disaat dua pekan terakhir tahun baru, perusahaan asal Korea Selatan ini meresmikan ponsel pintar pertama yang berjalan di sistem operasi Tizen, yakni Samsung Z1 yang telah resmi dirilis di India.

Samsung Z tizen

Sebenarnya, penggarapan sistem operasi Tizen telah dilakukan cukup lama, tapi peresmian secara komersil kerap terundur, disebabkan beberapa kendala, seperti mitra operator Jepang, NTT DoCoMo, menunda rencananya untuk menawarkan ponsel Tizen.

Ditinjau dari spesifikasi, Samsung Z1 tidak ada hal yang istimewa. Akan tetapi, Samsung mengubah strategi , dengan membesut OS terbaru Tizen, yang diperuntukan ke pasar bawah hingga ke atas. Apalagi Samsung Z1 dibanderol US$ 90, menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan referensi. Lantas apa saja kelebihan OS Tizen Samsung Z1 dan bagaimana spesifikasinya, berikut ulasannya:

Tampilan

Samsung Z1 dibekali dengan layar berukuran 4.0 inch beresolusi WVGA 480 x 800 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 233 pixel. Teknologi layar yang diusung ialah PLS (Plane Line Switching) TFT capacitive touchscreen, hasil yang tampak cukup bening meskipun tidak sebening Super Amoled. Layarnya pun didukung fitur multitouch, memiliki respon yang cepat saat disentuh. Z1 menggunakan sistem operasi Tizen OS 2.3 berkarakter antarmuka TouchWiz, sedikit berbeda dengan lini ponsel pintar Galaxy.

Samsung Tizen

Smartphone ini dirancang bermaterial plastik. Tampilan layar Samsung Z1 ini tergolong standar dengan rasio 59.8 persen antara layar dengan tubuh ponsel.  Bagian dimensi, Samsung Z1 memiliki ukuran 120.4 mm x 63.2 mm dengan ketebalan 9.7 mm. Meskipun memiliki tubuh yang kurang slim, Z1 berbobot 112 gram, sehingga ponsel pintar ini cukup ringan kala dibawa.

Performa

Daya pacu Samsung Z1 yang disugukan, tidak ada yang istimewa sebab mengandalkan chipset Spreadtrum SC7727S yang menyematkan prosesor dual-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,2GHz, dipasangkan memori RAM sebesar 768MB dengan perpaduan pengolah grafis GPU dari Mali-400. Secera keseluruhan, performa yang dimilikinya cukup responsif.

Pada sektor kamera, Samsung menyematkan Z1 dengan kamera beresolusi 3,2 Mp fixed fokus, dilengkapi dengan LED flash. Selain itu, mampu merekam video dengan resolusi HD 720p 30fps. Z1 ini dibekali dengan kamera depan VGA yang dapat digunakan untuk kebutuhan foto selfie maupun video call.

Samsung menerangkan gambaran mengenai sistem operasi Tizen. Mereka mengklaim bahwa OS Tizen memiliki keunggulan dibandingkan sistem operasi lain. Kebutuhan sistem minimum OS Tizen cenderung lebih kecil. Sehingga, dipastikan kecepatan perangkat ini hanya memerlukan daya konsumsi energi lebih rendah. Baterai yang tersemat Samsung Z1 pun hanya berbekal Li Ion berdaya 1500 mAh berjenis removable.

Pada sistem operasi Tizen yang diciptakan Samsung ini, memberikan spesifikasi hanya dibekali RAM 768MB, lebih kecil ketimbang dengan OS Android rata-rata 2GB, OS Windows 1GB , sementara OS iOS 1GB. Mengenai Harga Samsung Z1 itu sendiri dibanderol cukup terjangku, yakni US$ 90. Belum diketahui pasti mengenai ketersediaan Samsung Z1 jika harga terbaru masuk ke Indonesia. Apakah Anda tertarik dengan Samsung Z1 ini? Kita tunggu kedatangannya.

SHARE
Previous articleInilah Aksesoris Penunjang Kamera Smartphone
Next articleOppo N3, Berbekal Kamera Putar Otomatis
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY