villagestreetwear_2356_27382411038

Punya pengalaman gadget restart, hang, atau bahkan shutdown? Hal itu lumrah terjadi, dan hampir semua gadget mengalami hal ini, tidak hanya di gadget dengan budget terbatas, namun gadget mahal sekalipun tidak luput dari masalah mengganggu ini. Bagaimana cara mengatasinya? Simak baik baik ulasan berikut.

Gadget atau smartphone pada khususnya mempunyai sistem perlindungan diri untuk memperbaiki sendiri system yang tidak stabil atau bahkan mencegah kerusakan menyebar luas hingga mengakibatkan hardware tidak dapat lagi digunakan, umumnya diakibatkan oleh panas berlebih yang sebelumnya diakibatkan oleh system yang tidak stabil atau lebih dikenal dengan istilah “system corrupt”.

Smartphone akan mengalami siklus hang, restart, atau bahkan shutdown, hal tersebut diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya :
– Panas berlebih yang diakibatkan oleh system corrupt.
– Aplikasi yang tidak kompatibel dengan system.
– Perlunya update atau perbaikan system.
– Baterai yang tidak lagi bekerja dengan semestinya.
– Dan beberapa hal lain.

Jika anda pernah mengalami siklus seperti diatas, atau bahkan sedang mengalami hal tersebut, jangan panik. berikut adalah cara sederhana untuk memperbaiki smartphone anda tanpa harus membawa smartphone kesayangan ke service center terlebih dahulu.

1. Restart smartphone.
Restart smartphone akan membebaskan gadget dari beban dan panas berlebih baik itu disebabkan oleh aplikasi, maupun cache yang tersimpan akibat banyak aplikasi yang berjalan.

2. Periksa kapasitas penyimpanan.
Hampir dipastikan semua smartphone diharuskan memiliki minimal kapasitas penyimpanan secara bebas, sebagai contoh, smartphone dengan operasi system berbasis android seri kitkat, mewajibkan pengguna memiliki cadangan penyimpanan bebas sebanyak kurang lebih 400 MB, hal tersebut dimaksudkan agar system berjalan dengan baik dan optimal. apabila syarat tersebut tidak dipenuhi, otomatis system akan sering mengalami kejadian “failure”, sehingga akan mengakibatkan smartphone hang, restart, atau bahkan shutdown.

Untuk mengatasi permasalahan syarat minimal kapasitas penyimpanan baik di internal maupun sd card, periksa semua aplikasi yang anda miliki, hapus beberapa aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan, lakukan secara menyeluruh hingga kapasitas minimal anda terpenuhi, cara lainnya tentu dengan membeli sd card baru dengan kapasitas yang lebih besar.

3. Periksa sistem update dan aplikasi.
Sistem dan aplikasi yang paling update akan memberikan smartphone anda dengan sertifikat baru yang mungkin akan memperbaiki permasalahan pada smartphone anda.

4. Masuk ke “safe mode”, dan uninstall aplikasi yang baru di instal.
Aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone anda akan menyebabkan “system crash”, akibatnya tentu saja smartphone akan hang, restart, atau bahkan shutdown. cara terbaik ada dengan menguninstal aplikasi terakhir yang anda terapkan, namun bagaimana caranya apabila smartphone anda sama sekali tidak bisa digunakan akibat sering restart atau malah hang? Jawabannya sederhana, setiap smartphone akan memiliki kemampuan untuk masuk ke safe mode, tujuannya agar smartphone bisa digunakan untuk memperbaiki kesalahan aplikasi yang baru saja anda install. Menganai bagaimana caranya masuk ke safe mode tiap operasi sistem akan berbeda metodanya, sebaiknya anda membaca kembali bukun panduan waktu anda membeli smartphone, biasanya akan disertakan dengan bagaimana cara masuk ke safe mode.

5. Reset ke factory setting.
salah satu cara cepat untuk memperbaiki permasalahan pada smartphone adalah dengan cara mereset ke factory setting atau lebih dikenal dengan istilah setingan default, sistem akan transformasi sama persis pada saat anda membeli pertama kali smartphone anda. Namun perlu diingat, dengan melakukan metoda ini, anda akan menghapus semua data dan aplikasi yang sudah anda terapkan sebelumnya.

6. Bawa ke service center.
Apabila setelah mencoba semua cara diatas dan permasalah tetap terjadi, berarti smartphone anda pelu penangan khusus dan hanya bisa dikerjakan oleh teknisi dari merek smartphone anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY