Sebelumnya kita membahas tentang rekomendasi lensa untuk portrait terbaik. Kali ini kita akan membahas tips memotret foto portrait atau bahasa populernya adalah foto model.

foto-modelMemotret foto portrait termasuk aktivitas fotografi yang populer, selain foto landscape tentunya. Dalam dunia fotografi tidak mengenal batasan alat yang digunakan, yang terpenting adalah menghasilkan foto yang baik dengan berpadu unsur seni fotografi yang ada. Berikut, adalah tips sederhana, kami ulas secara singkat saja yang dapat Anda coba untuk foto portrait:

Buat Tema /Konsep Foto

Foto model dengan dikonsep terlebih dahulu akan menghasilkan foto yang lebih menarik. Umumnya foto dengan konsep casual tampak biasa-biasa saja, kita sudah sering melihatnya. Oleh karena itu, carilah tema yang menurut anda menarik. Misalnya, foto model berkonsep vintage, gothic, dan lain-lain. Apalagi foto tersebut dibuat seperti bercerita. Tentunya akan menjadi lebih menarik.

Eksplorasi Komposisi

Jangan terpaku pada prinsip Rule of Third. Jangan takut untuk bereksplor lebih jauh. Foto model yang ditempatkan di tengah-tengah biasanya terlihat kurang menarik. Cobalah untuk memotret berbagai sudut pengambilan gambar. Salah satu trik bermain komposisi, agar menghasilkan foto portrait yang baik adalah dengan melihat arah mata model.

Perhatikan Cahaya

Sebelum melakukan pemotretan, perhatikanlah kondisi cahaya di sekitar. Manfaatkan cahaya alami, padukan dengan reflector dan fill flash agar cahaya terpantul berkesan lembut. Jika foto studio anda dapat menggunakan berbagai aksesoris kamera untuk menunjang hasil foto lebih maksimal. Jika Anda ingin hasil foto lebih berkesan seni gunakan teknik low key dan high key.

Membuat Refleksi Bayangan

Foto dengan sentuhan refleksi memberikan kesan yang unik dan komposisi menjadi lebih seimbang. Anda dapat memanfaatkan pantulan benda-benda sekitar layaknya air atau cermin, biasanya kolam atau kaca. Bagaian terpenting dalam foto refleksi adalah wajah dan mata, cobalah bereksplor bermacam-macam gaya, sehinggga secara visual foto menjadi lebih menarik.

Perhatikan Background

Perhatikanlah Background atau latar yang membelakangi subjek. Carilah background menurut anda menarik. Jangan terlalu focus pada subjek foto. Sesuaikan dengan tema pemotretan, sehingga komposisi dengan subjek saling berkesinambungan.

 

SHARE
Previous articleRekomendasi Lensa Portrait Terbaik
Next articleAplikasi Android Agar Bangun Tidur Lebih Pagi
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY