Supaya hasil karya foto lebih maksimal, diperlukan tripod sebagai penyangga sehingga hasil foto tidak menjadi kabur. Beberapa pemotretan, tripod memiliki fungsi yang utama untuk menjaga kestabilan posisi kamera.

tripod

Dalam pemilihan tripod yang baik diperlukan pertimbangan yang baik saat membeli tripod, baik untuk fotografer pemula maupun profesional. Konon, serius atau tidaknya sesorang dalam menekuni fotografi dapat dilihat dari tripod yang ia gunakan.

Sesuaikan Ukuran tripod

Sesuaikan ukuran tripod dengan perlengkapan fotografi Anda. Jika Anda menggunakan kamera saku atau miroless, sebaiknya gunakan ukuran tripod yang lebih kecil. Namun, jika Anda menggunakan kamera DSLR sebaiknya gunakan tripod yang cenderung agak besar.

Sesuaikan Keperluan

Jika tripod yang Anda gunakan untuk jalan-jalan, usahakan yang mudah dan ringan dibawa. Berbeda halnya untuk keperluan studio, tripod yang digunakan sangat kokoh, berat pun tidak masalah yang penting steady.

Kemudahan Pemasangan

Tripod yang baik adalah memiliki kemudahan ketika dipasangkan maupun dilepas dan memiliki ball head secara terpisah. Terdapat dua jenis kepala tripod. Yaitu, Pant tilt Head mempunyai dudukan kamera ke atas dan ke bawah. Sedangkan yang kedua, ball head, tripod dapat digerakan ke berbagai arah. Umumnya harga ball head tripod lebih mahal dibandingkan dengan Pant tilt Head.

Tinggi Tripod

Semakin tinggi maksimal tripod, semakin tinggi pula pemotretan yang dapat discover. Oleh karena itu, sesuaikan dengan ketinggian tripod, seberapa nyaman ketinggian tripod yang digunakan.

Jumlah Segmen Kaki

Jumlah Segmen kaki tripod menentukan kestabilan pemotretan. Biasanya terdapat dua, tiga, sampai empat yang melengkapi kaki tripod. Semakin banyak segmen kaki, memiliki banyak keuntungan karena bentuknya yang ringkas dan mudah dibawa.

Lebar Kaki Tripod

Lebar kaki tripod ada yang penuh, ada pula yang terbatas. Jika segmen kaki terdapat pengaku, lebar kaki tripod tersebut terbatas. Sedangkan tanpa dilengkapi segmen pengaku berarti dapat dilebarkan secara penuh. Tripod dengan pengaku cocok digunakan pada area yang datar, sedangkan tanpa segmen pengaku cocok pada areal yang tidak beraturan.

 

SHARE
Previous articleGoogle Translate, Visualisasi Terjemahan Teks
Next articleDaftar Rekomendasi Aksesoris Tablet, Penambah Kegunaan
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY