Kini, hampir  semua smartphone sudah difasilitasi kamera. Tingkat ketajaman kualitas kamera ponsel pun menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan produk smartphone. Sebab, tidak sedikit pula pengguna smartphone mengandalkan ponsel kamera untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi maupun fotografi.
Tips-Foto-melalui-Handphone
Namun, banyak dari mereka mengeluhkan hasil fotonya kurang puas, baik dari segi kualitas gambar maupun kualitas komposisi foto itu sendiri. Selama ini, ponsel pintar dengan kamera berkualitas baik, beridentik dengan harga yang cukup mahal. Namun, jika kita mau menelusurinya, ponsel berkamera dengan kualitas standar pun dapat dimaksimalkan asalkan dengan  pengambilan gambar yang baik.

Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips untuk menghasilkan gambar agar lebih maksimal memotret melalui kamera handphone:

Aturlah Jarak

Fitur lensa zoom pada kamera smartphone tidak serta merta menghasilkan foto yang maksimal. Sebab, hasil foto dengan memanfaatkan fitur zoom pada kamera ponsel dapat mengurangi kualitas foto. Oleh sebab itu, pastikan kita sedekat mungkin pada subjek yang akan dipotret. Ketika semakin dekat dengan subjek, Anda pun dapat mengontrol mengontrol subjek  lebih leluasa.

Misalnya, pengambilan foto secara close up, memungkinkan hasil foto akan tampak jauh lebih detail. Akan tetapi, selalu  jaga jarak dengan subjek.  Pengambilan gambar yang teramat dekat pun menyebabkan gambar akan tampak menjadi kabur.

Gunakanlah Resolusi  Tinggi

Kualitas foto yang dihasilkan antara resolusi tinggi dan rendah, tidak akan terlalu tampak perbedaanya jika dilihat melalui layar ponsel. Perbedaan akan tampak jelas setelah hasil foto tersebut dipindahkan ke komputer.
Semakin tinggi resolusi smartphone yang anda gunakan, semakin baik pula hasil gambar yang akan diperoleh. Resolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih baik dan memungkinkankan dapat dicetak lebih besar. Oleh karena itu, bila kamera smartphone memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi.

Perhatikanlah Datangnya Cahaya

Cahaya merupakan salah satu faktor penting untuk menghasilkan foto yang baik. Perhatikan arah datangnya dan jatuhnya cahaya ke subjek. Diusahakan cahaya yang terpancar cukup merata ke subjek  sehingga memperoleh gambar yang baik.

Perhatikan Background

Memperhatikan backgroud bertujuan menghindari latar belakang objek yang mengganggu. Posisikan subjek dengan latar  yang tidak terlalu ramai. Carilah background yang menarik sebelum pemotretan. Biasanya background yang menarik adalah background  sederahana. Dan, tentunya seirama antar subjek dan objek foto.

Cobalah Pengambilan Sudut Foto yang Berbeda

Sebelum memotret, tentukan sudut pengambilan foto. Sebab, akan berpengaruh pada komposisi foto yang dihasilkan.  Alangkah lebih baik pengambilan  gambar dari sudut yang tidak biasa, atau bila perlu dari sudut yang ekstrim. Sehingga, memberikan kesan unik dan tentunya memberikan nilai estetis atau nilai keindahan.

Bersihkanlah Lensa

Semenarik apapun hasil foto yang diperoleh,  jika lensa tersebut kotor, dipastikan hasil gambar foto akan kurang nyaman. Mengingat lensa handphone sangat sensitif terhadap kotoran dan debu. Oleh karena itu, bersihkanlah lensa secara berkala dari kotoran. Gunakan kain lembut untuk membersihkan lensa. Jika terkena minyak, gunakan cairan pembersih LCD atau kacamata.

Hindari Bergetar

Agar memperoleh foto yang maksimal, menjaga kestabilan tangan sangat menentukan hasil gambar yang diperoleh. Sedikit saja tangan bergetar membuat fokus dapat meleset, hasil gambar dapat menjadi blur atau salah fokus.

Cara untuk menghindari tangan bergetar, kita dapat melakukan dengan menahan nafas saat sedang memotret. Getaran tangan pun dapat diredam dengan menggunakan media apapun untuk menopang tangan atau handphone agar tidak bergetar.

SHARE
Previous articleReview Xiaomi Redmi Note
Next articleTips Mengoptimalkan Kinerja Android
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY