Pada saat ini HP adalah kebutuhan setiap orang , tidak bisa dipungkiri hampir semua orang menggunakan dan bergantung pada HP. Mungkin kita pernah mengalami beberapa masalah saat HP terkena air. Disini kami mempunyai beberapa tips mengatasi HP yang terkena air:

Ambil sesegera mungkin HP yang masuk kedalam air

Ketika HP anda masuk kedalam air segera ambil HP dengan hati hati. Seringkali kita panik dan langsung menyalakan HP ketika mengambilnya namun tindakan itu justru membuat HP itu rusak. Namun jika kita melihat HP masih dalam keadaan menyala segera matikan HP tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang makin parah atau korsleting listrik pada HP.

Lepaskan komponen

Pertama lepaskan baterai untuk memutus arus HP karena merupakan sumber arus dari HP tersebut. Keluarkan kartu SIM dan kartu memori agar bagian metal tidak mengalami korosi dan data data pada kartu SIM dan kartu memori dapat diselamatkan atau tidak hilang . Lalu lepas semua casing penutup pada HP.

Keringkan bagian dalam HP

Segera cari lap atau handuk untuk mengeringkan HP. Lap dengan perlahan jangan terlalu menekan agar tidak merusak komponen HP yang sensitif terutama pada lensa kamera HP. Keringkan hingga kesemua sudut sudut perangkat dari air yang mungkin masuk. Gunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan ponsel dari air yang masuk. Pastikan ponsel anda benar benar kering.

Masukan dalam wadah berisi beras

Tips-hp-yang-tercebur-ke-dalam-air-butik-dukomsel

Ini merupakan alternatif jika casing penutup pada HP sulit untuk dilepas atau merasa ada bagian yang sulit untuk dikeringkan dan dijangkau jika menggunakan vacuum cleaner atau lap biasa. Cukup simpan dalam wadah berisi beras dan seluruh bagian HP harus tertutupi oleh beras. Tunggu hingga merasa HP tersebut telah kering.

Pasang Kembali

Cek semua komponen HP dan bersihkan dahulu dari kotoran kotoran dan debu sebelum dipasang. Jangan sampai ada yang tidak terpasang atau terlewat.

Nyalakan dan Cek

Nyalakan HP jika semua komponen telah terpasang . Cek kembali seluruh fungsi HP mulai dari keypad, layar, Kamera, serta tombol tombol lain. Karena bisa saja ada komponen yang sudah rusak terkena air, terutama speaker dan kamera karena komponen tersebut sangat sensitif terhadap air.

Bawa ke tempat servis

Jika tidak menyala atau ada fungsi komponen yang tidak berjalan dengan normal segera bawa ke service center agar tidak memperparah kerusakan HP.

SHARE
Previous articleTips Memilih Kamera DSLR untuk Pemula
Next articleTips Merawat Komponen Hardware Komputer
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY