Jika Anda lebih menyukai merakit PC sendiri ketimbang membeli secara utuh. Memang, merakit pc sendiri punya rasa kepuasan tersendiri, dan tentunya bisa menekan harga yang jauh lebih murah.

Merakit PC butuh ketelitian, terutama dalam pemilihan motherboard. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan beberapa komponen menjadi satu. Biasanya langkah awal sebelum merakit pc adalah memilih motherboard. Berikut ini adalah tips memilih motherboard:

Asus

Merakit PC untuk Apa

Hal pertama sebelum memutuskan untuk memilih mobo dalam merakit sebuah pc adalah fungsi yang diutamakan pc itu sendiri. Jika untuk pemakaian standar, seperti mengetik, browsing, hanya digunakan untuk adminitarsi standard, pilihlah mobo yang berjenis values atau yang biasa-biasa saja.

Namun, jika anda menginginkan pc yang digunakan untuk home-entertainment, menikmati aktivitas multimedia serta bermain games ringan, maka pilihlah motherboard kelas mainstrem. Biasanya mobo tersebut difasilitasi fitur grafik add onboard dan slotnya lebih banyak dibandingkan mobo values.

Berbeda ketika ingin merakit pc yang lebih kompleks, seperti untuk keperluan server atau digunakan bermain game berat namun menginginkan performa yang handal, anda dapat memilih mobo kelas high end. Umumnya Mobo high end memiliki dimensi yang besar, slotnya lebih banyak ketimbang mobo kelas value, dan kebutuhan dayanya pun memerlukan PSU yang lebih besar.

Apkah Kompatibel dengan Teknologi Terakhir

Penggunaan chipset yang tepat akan mendukung spesifikasi motherboard. Pilihlah chipset yang mendukung teknologi terakhir, agar tidak usang untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Banyak memberikan keuntungan ketika memilih motherboard yang mendukung chipset terakhir, akan memperoleh kesempatan jika anda ingin mengupgrade teknologi terbaru, sehingga tidak perlu mengganti motherboard, namun hanya mengganti komponen tertentu saja.

Asus

Kelengkapan Fitur

Fitur yang sudah terintegrasi pada mobo merupakan hal yang cukup penting saat memilih motherboard. Dengan adanya fitur seperti wifi, audio system, dukungan dual vga card, dukungan USB.3.0. Anda pun dapat mengoptimalkan kinerja pc rakitan anda, dan tidak perlu repot memasang peripheral tambahan jika suatu saat dibutuhkan.

Merek dan Garansi

Pilihlah merek mobo yang memiliki garansi nyata dan dapat dipercaya. Sebab, jika pc rakitan anda mengalami gangguan, anda dapat dengan mudah mengajukan klaim garansi. Biasanya garansi yang terdapat dalam mobo antara satu sampai tiga tahun. Usahakan dealernya sudah ada perwakilan di Indonesia. Seperti motherboard Asus dan Gigabyte, sudah terkenal karena kualitasnya dan tahan lama.

SHARE
Previous articleRekomendasi Casing Terbaik untuk iPhone 6
Next articleReview Sony Smartwatch 2
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY