Seiring perkembangan zaman, komputer merupakan alat yang wajib menunjang aktivitas.  Komputer yang baik akan berpengaruh pada kinerja. Kenyamanan saat pemakaian berefek pada produktivitas hasil yang diperoleh. Semakin baik kinerja komputer, semakin baik pula hasil yang diperoleh.  Entah itu produktivitas pekerjaan ataupun tingkat kepuasan melepaskan hobi ( gamer, desainer, programmer, dll).

Kita tahu bahwa hardware komputer terdiri dari beberapa komponen, dipadu menjadi satu. Adalah satu kesatuan yang utuh, saling berkesinambungan. Mereka mempunyai tugas dan fungsi tersendiri. Ada yang vital, ada juga sebagai pelengkap. Seperti alat elektronika, mereka mempunyai usia dan batas waktu pemakaian. Batas pemakaian dapat diperpanjang dengan cara dirawat dengan baik. Sehingga, komponen itu akan menjaga keefektifan dan keefisienan pada fungsionalitas.

Berikut tips merawat komponen hardware komputer:

Sesuaikanlah Ukuran Casing

Gunakanlah Casing komputer disesuaikan dengan ukuran mobo, VGA, dan banyaknya hardisk yang dibutuhkan. Hal tersebut berguna untuk menjaga sirkulasi udara agar tetap optimal. Jika dipaksakan memasangkan banyak komponen dengan ruang yang terlalu sempit, menyebabkan suhu di dalam casing akan cepat memanas. Sehingga, berpengaruh pada komponen PC yang lain, memperpendek umur komponen pc.

Rapikanlah Kabel Komponen

Aturlah kabel komponen hardware PC yang terdapat di dalam Casing agar tertata rapi. Selain mengandung unsur keindahan interior PC, dengan mengatur kabel yang rapih, membantu sirkulasi aliran udara menjadi lancar, dan menghindari kabel dengan fan saling besentuhan yang dapat mengakibatkan overheat.

Bersihkanlah Komponen Hardware Secara Berkala

Membersihkan-Hardware-butik-dukomsel
Sebagian kerusakan komponen hardware, lebih disebabkan debu dan kotoran yang menempel secara berlebihan. Oleh karena itu, bersihkanlah komponen hardware secara teratur, minimal dua bulan sekali. Sehingga, dapat mengurangi resiko kerusakan, akan memperpanjang umur komponen PC. Anda pun dapat menggunakan kuas halus , sikat lembut, atau alat vacum cleaner untuk membersihkan komponen tersebut.

Gunakanlah UPS

Apabila anda mempunyai dana yang lebih, direkomendasikan membeli UPS. Daya listrik yang masuk akan menjadi stabil. Kerusakan yang diakibatkan arus listrik yang berlebih dapat dihindarkan. Selain itu, alat ini bermanfaat untuk menyimpan arus listrik. Sehingga, disaat sumber listrik mati secara tiba-tiba, anda pun masih disempatkan untuk menyimpan data pekerjaan (1 sampai 3 jam), berpengaruh pada kenyamanan dan produktivitas.

SHARE
Previous articleTips Mengatasi HP yang Terkena Air
Next articleGedung Parkir Vertikal Terbaru
Berdiri pada tahun 1994, Butik Dukomsel memulai geliat usahanya dengan menjual ponsel berjaringan AMPS. Setelah itu melebarkan ekspansinya dengan menyediakan pilihan ponsel GSM setelah sistem selular digital diperkenalkan pada tahun 1995. Kini, setelah 20 tahun berdiri, Butik Dukomsel semakin meruncingkan kukunya dengan menjajakan produk lain seperti notebook, kamera, smartphone, sampai produk jam tangan legendaris asal Jepang, Casio.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY