Kota Bandung sangat ramai di saat akhir pekan, inilah waktu favorit bagi banyak kalangan datang untuk menghabiskan waktu liburannya di kota Bandung. Tempat-tempat wisata di Bandung selalu penuh dengan para pengunjung. Bandung juga menduduki posisi sebagai salah satu kota metropolitan terbesar ke-tiga di Indonesia sesudah Jakarta dan Surabaya. Meskipun notabenenya sebagai kota metropolitan, Bandung memiliki wahana wisata menarik yang layak dikunjungi mulai dari wisata alam. Tidak hanya berbelanja, menikmati dan berekreasi di taman adalah satu hal lainnya yang tak kalah mengasyikkan.

bandung (1)

Masyarakat akan memiliki berbagai alternatif mencari udara segar dan area nyaman ditengah-tengah hiruk pikuk kota, untuk sekedar beristirahat, berinteraksi, berfoto, maupun berekreasi. Taman di kota Bandung sendiri sebenarnya sudah ada dari zaman dahulu, meski pun beberapa mengalami perubahan akibat pembangunan, termasuk juga perubahan nama. Agar tak berlama-lama, berikut adalah uraian tentang nama-nama taman di kota Bandung. Berikut nama nama taman yang cocok untuk Rekreasi Anda serta keluarga anda.

1.Taman Hutan Raya Djuanda (Ir. H Juanda)

296282_10200387479585701_1244171057_n
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda merupakan bagian dari daerah cekungan Bandung, memiliki latar belakang sejarah yang erat kaitannya dengan zaman purba hingga sekarang. Secara geologis daerah ini mengalami perubahan yang disebabkan oleh gejolak alam dalam kurun waktu pembentukan alam semesta. Kekayaan nuansa wisata alam yang ada di Taman Hutan Raya Juanda ini membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup favorit bagi pengunjungnya.

Taman Hutan Raya Juanda

Saat mulai memasuki kawasan Taman Hutan Raya Juanda pengunjung akan merasakan sejuknya alam dengan adanya pohon-pohon yang menjulang tinggi seperti pohon Pinus, pohon Kaliandra, pohon Bambu dan jenis pohon-pohon kecil lainnya serta di temani kicauan Burung Kutilang dan Burung Kepondang. Untuk menuju ke Taman Hutan Raya Juanda dapat melalui 2 route yaitu melalui jalur Dago – Dago Pakar atau melalui Maribaya – Lembang.

guajepang_05

Yang lebih menarik, pengunjung dapat juga berkemah di sini karena disediakan tempat perkemahan, ada beberapa objek wisata yang dihadirkan, baik karena keadaan alam ataupun karena bekas peninggalan sejarah pada masa lalu, seperti adanya Gua buatan peninggalan masa penjajahan Jepang yang dinamakan Gua Jepang dan Gua peninggalan masa penjajahan Belanda yang bernama Gua Belanda. Selain pengunjung dapat merasakan suasana hutan yang sejuk nan rimbun, pengunjung juga dapat mandi di air terjun / curug yang ada, air terjun air terjun yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda antara lain Curug Dago, Curug Omas dan Curug Lalay. Tidak jauh dari Curug Omas terdapat objek wisata lain yaitu tempat pemandian air panas dan curug Maribaya. Daya tarik lain yang terdapat di Taman Hutan Raya Juanda yaitu adanya kolam buatan milik PLN namanya kolam pakar merupakan salah satu sumber pembangkit tenaga listrik, ada juga Monumen Ir. H Juanda, Patahan Lembang dan area Jogging track menuju kawasan Maribaya.

2. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

wisata-murah-taman-lalu-lintas-bandung

Dulunya, merupakan tanah kosong yang kemudian dijadikan sebagai insulindepark. Ketika itu, masih berbentuk rawa, yang kemudian dikeringkan dan dijadikan sebagai lapangan untuk kegiatan militer (1915-1919). Lokasi itu juga dikelilingi dengan pepohonan. Seiring berjalannya waktu, nama taman ini pun diganti menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani untuk mengenang pahlawan puteri dari pahlawan nasional Abdul Haris Nasution. Sebagaimana diketahui, Ade Irma harus gugur tertembak pada peristiwa Gerakan 30 SPKI ketika para pemberontak mencoba untuk menculik ayahnya yang terjadi pada tahun 1965. Berekreasi bersama di Taman Lalu Lintas Bandung ini akan membuat hari-hari Anda sekeluarga semakin seru. Anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang tak ada duanya saat bermain mengendarai sepeda dan kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Orang tua juga dapat melepaskan kepenatan di lingkungan taman yang asri dan tenang. Taman Lalu Lintas Bandung juga menyediakan berbagai sarana rekreasi yang dapat dinikmati oleh anak-anak yang berkunjung, diantaranya adalah Kereta Api Mini, Kolam Renang, Kerosel, Kolam Pancing, Sepeda Mini, alat mainan stasionary, mobil batere , Mandi Bola dan Playground

3. Taman Lansia

FIL75

Sebelum menjadi Taman Lansia, taman ini banyak dikenal sebagai Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy. Sebutan tersebut tentu saja berhubungan dengan nama jalan yang mengapit taman ini. penyebutan taman Lansia mungkin disebabkan oleh banyaknya lansia yang berolahraga di tempat ini, termasuk juga dengan adanya jalan refleksi, dengan batu-batu kali yang sengaja ditonjolkan sebagai terapi refleksi di telapak kaki.

 

4. Taman Pustaka Bunga

kandaga-3

Citra Bandung sebagai Kota Kembang semakin mengena setelah munculnya Taman Pustaka Bunga. Taman bunga dulunya bernama Taman Cilaki dan kurang terawat. Namun kini kita bisa menjumpai ribuan bunga dengan aneka jenis menghiasai taman ini. Taman ini memang sengaja dimaksudkan agar makna Bandung sebagai Kota Kembang kembali menggaung lagi. Taman ini berlokasi tak jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate yang ada di Jalan Diponegoro. Taman yang dulunya dikenal taman Cilaki ini, kini lebih cantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis. Sejumlah bunga yang ditanam di antaranya Amaryllis, Poinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bougenville, Rhododenron, juga dipercantik dengan tanaman anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Suasana sejuk dan asri membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini.

5. Taman Vanda

61_big

Taman ini tepat berlokasi di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Gereja peninggalan belanda. Taman ini dilengkapi dengan air mancur. Nama Taman ‘Vanda’ sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Ketika anda berada di taman ini anda akan merasakan sensasi suasana masa kolonial yang sangat kental. serta dekat dengan jalan Braga yang dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda.

6. Taman Film

taman-di-Bandung

Dibangun di kolong Jembatan Pasupati dengan luas mencapai 700 meter persegi. Taman ini dibentuk menjadi bangunan amphiteater dengan fondasi tempat duduk yang berkelok-kelok. Di depan amphiteater, dibangun megatron yang nantinya akan menjadi tempat pemutaran film. Kapasitasnya sendiri bisa mencapai 500 orang. Sementara jika melihat gambar desain yang dipajang mengelilingi proses pembangunan Taman Film, nantinya saat malam hari, tempat duduk amphiteater akan lebih cantik dengan lampu yang menyala.

7. Taman Ghanesa

image2202-e1281341489305

Taman Ganesha merupakan taman yang cukup menarik untuk dikunjungi yang mana anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis burung unik dan langka. hal ini dikarenakan taman ini merupakan tempat konservasi untuk menyelamatkan jenis-jenis burung tertentu yang terancam punah. Letak Taman Ganesha Bandung terletak di Jl. Ganesha Bnadung. Lebih tepatnya di depan kampus Institut Teknologi Bandung. Untuk berada di Taman Ganesha pengunjung tak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis asalkan jangan merusak keindahan dan ketertiban taman kota ini.
Bandung memang terkenal dengan sebutan Kota Taman (1936). Wajar disebut demikian karena mengacu pada konsep yang diusungnya yakni kota taman (garden city), sebabnya Bandung memiliki banyak taman dan lahan terbuka. Konsep taman kota ala Bandung ini menarik dan modern karena mirip dengan konsep kota yang dianut banyak negara-negara di Eropa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY